Pasca OTT Karcis, Sampah Berserakan di Pantai Pelawan Karimun

Pasca OTT Karcis, Sampah Berserakan di Pantai Pelawan Karimun

Tumpukan sampah di Pantai Pelawan (ian)

BATAMNEWS.CO.ID, Karimun - Pantai Pelawan dan Pongkar yang menjadi andalan tempat wisata di Kabupaten Karimun tampak kotor dengan sampah dan seakan tidak terurus.

Dikutip dari Lendoot.com, kondisi kedua pantai tersebut dipenuhi sampah yang berserakan. Kedua pantai ini mulai tak terurus pasca Operasi Tangkap Tangan (OTT) terhadap karcis masuk oleh tim Saber Pungli beberapa waktu lalu.

Menanggapi hal itu, Bupati Karimun, Aunur Rafiq mengimbau supaya perangkat desa setempat segera mengambil alih pengelolaan lokasi wisata yang ada di daerah tugas mereka itu.

Karena lokasi wisata tersebut merupakan aset yang semestinya dikelola oleh desa itu sendiri.

“Semestinya pemerintah desa langsung mengambil alih sebagai pengelola. Karena terbengkalai lokasi wisata itu karena tidak ada pengelolanya,” kata Rafiq belum lama ini.

Rafiq menyarankan agar perangkat desa segera melakukan pembahasan terkait pengelolaan lokasi wisata. Sesuai dengan otonomi desa, pemerintah desa dapat membuatkan Kepdesnya sebagai acuan pengelolaan.

“Jadinya objek wisata menjadi aset desa. Tapi berdasarkan Kepdes,” ucap Rafiq.

Ia menyebut, dengan adanya Kepdes yang mengatur pengelolaan, nantinya hasil dari lokasi wisata akan masuk ke dalam APBD desa yang bisa digunakan untuk pembangunan atau kemajuan desa itu sendiri.

Jadinya, pengelolaan yang sebelumnya tanpa ada dasar dapat memiliki kekuatan hukum dengan adanya Kepdes.

“Dapat dikelola dan menjadi pemasukan untuk desa. Pemerintah daerah akan membantu mendorong agar permasalahan ini segera selesai,” ujarnya.***


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews