Sehat saat Puasa, Ini 5 Asupan yang Tepat

Sehat saat Puasa, Ini 5 Asupan yang Tepat

Ilustrasi Buah Kurma (foto : ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID - Setelah menahan lapar seharian, terkadang berbuka puasa menjadi ajang untuk melahap segala makanan. Sebelum melakukan hal itu, pastikan apa yang dibutuhkan tubuh agar tetap sehat dan bugar.

Tubuh kita butuh asupan gizi seimbang dengan mengkonsumsi makanan pokok, lauk pauk, sayuran, buah, dan air putih.

Tujuannya, agar puasa tetap sehat dan bisa memberikan rasa kenyang di perut lebih lama. Lantas, apa saja makanan yang baik untuk dikonsumsi selama berpuasa? 

Mengutip laman halallifestyle.id, simak ulasan berikut ini:

Sayuran

Konsumsi sayuran yang tinggi serat, rendah kalori, dan tinggi kandungan air. Dengan mangkonsumsi sayuran bisa membuat perut merasa kenyang lebih lama.

Protein

Makanan yang tinggi protein dapat dicerna perlahan. Misalnya, konsumsi daging, ikan, atau telur.

"Makanan berprotein juga bisa membuat perut kenyang lebih lama," ujar ahli gizi dan nutrisi Desy Nur Arista.

Konsumsi karbohidrat kompleks dan serat

Anda dapat mengkonsumsi karbohidrat kompleks seperti quinoa, nasi merah, kentang dan ubi, oatmeal, serelia utuh. Sedangkan, makanan bergizi dan tinggi serat tentu dengan konsumsi berbagai macam sayuran berdaun hijau, berumbi, dan buah.

"Karbohidrat kompleks dan serat membuat tubuh lebih kenyang dan kadar energi lebih stabil," kata ahli gizi yang berpraktek di Slim Gourmet itu.

Kurma

Sebaiknya ketika berbuka puasa isi dengan camilan sehat, seperti kurma. Sebab, mudah dicerna dan kaya energi yang berasal dari gula alami. Tentunya, kurma mencegah konstipasi karena tinggi serat.

Cairan sehat

Selama berpuasa, tubuh membutuhkan cairan untuk meningkatkan kadar gula darah namun tidak berlebihan.

"Strategi untuk mendapatkan cukup cairan 2 liter sehari adalah minum masing-masing dua gelas saat sahur dan berbuka puasa. Pada saat menjelang tidur perlu minum sebanyak empat gelas air. Minumnya boleh lebih, tapi tidak boleh kurang," kata Desy.***


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews