Bangun Pagi Bikin Stres! Bangun Kesiangan Bermanfaat, Benarkah?

Bangun Pagi Bikin Stres! Bangun Kesiangan Bermanfaat, Benarkah?

BANGUN pagi dipercaya sebagai sesuatu yang menyehatkan. Pendapat ini tentu saja sudah klasik. Seringkali orang-orang tua mengalami stres untuk menjalani rutinitas tidur lebih awal dan bangun pagi-pagi.

Namun, di era sekarang terjadi perubahan budaya kerja. Ada kegiatan yang berlangsung di malam hari, dan tentu saja ada yang bekerja pada shift malam.

Bagi mereka yang bekerja di shift malam, mereka pulang ke rumah hanya di pagi hari, jadi bagaimana mereka bisa bangun pagi?

Padahal, jam tidur untuk orang dewasa di kelompok usia 18-64 tahun membutuhkan minimal 7 jam setiap hari.

Kurang tidur yang cukup dapat menyebabkan sakit kepala, sulit berkonsentrasi yang dapat mempengaruhi pekerjaan mereka dan juga dapat menyebabkan penyakit serius lainnya.

Jadi, bangun terlambat adalah satu-satunya jalan keluar untuk kelompok pekerja shiift malam, dan uga bagi mereka yang sedang berpesta sampai larut malam.

Pertanyaannya apakah bangun kesiangan ini ada sisi baiknya atau tidak? Lihat poin-poin baiknya di bawah ini:

1. Mencegah Kelelahan

Ini akan menjadi hari yang melelahkan bagi di kantor,  Anda membutuhkan minimal 8 jam tidur untuk kesehatan tubuh dan pikiran. Banyak orang tidak cukup beruntung untuk mendapatkan pekerjaan dari pagi sampai sore dan dipaksa bekerja di shift malam atau sesuai dengan waktu kerja klien.

2. Makan malam & Waktu Tidur

Waktu makan malam yang ideal untuk bangun pagi adalah pukul 19.00 WIB karena timing tidurnya sebagian besar akan menjadi 9.00-10.00 WIB. Bagi pemakan larut malam, waktu tidur juga perlu diatur ulang, sebab 90% makanan dicerna sebelum tidur. Jika tidak, maka bisa menyebabkan gangguan pencernaan atau pengendapan lemak di tubuh.

3. Istirahat Mata

Perangkat lunak dan profesional komputer bekerja pada sistem untuk waktu yang lama. Mata dan otak mereka terlalu tegang dan obat terbaik untuk mereka adalah 7-8 jam tidur nyenyak dan terlepas dari kapan mereka tiba di rumah.

4. Membantu Siswa yang Suka Belajar di Malam Hari

Bagi siswa, ini memberi mereka kepercayaan diri selama ujian ketika mereka tahu mereka selesai belajar di malam hari. Mereka lebih suka menyelesaikan sebelum tidur dan bernasib baik meski terlambat tidur. Begitu juga dengan ini, ada banyak anak bangun pagi yang tegang karena tidak bisa menyelesaikannya dengan belajar dan merevisi di pagi hari.

5. Lebih Baik Dibanding Tidur Siang

Bangun telat lebih baik daripada tidur siang karena akan membuat Anda pusing dan malas. Rencanakan waktu tidur Anda dengan baik, jangan mengorbankannya hanya untuk menjadi bangun pagi. Jika Anda memaksa kesehatan, itu akan memaksa Anda mengingatnya dan menemukan peraturan hidup dan sehat Anda sendiri.

6. Bermanfaat untuk Anak-anak

Anak-anak (dibawah 10 tahun) membutuhkan setidaknya 10 jam tidur, jadi tidak perlu merepotkan mereka. Bantu mereka bermimpi selama mereka mau dan Anda akan melihat pikiran kreatif mekar dari hari ke hari.

7. Membantu Membangun Konsentrasi

Bagi orang yang tidur larut malam disarankan untuk bangun telat dan menyelesaikan tidur minimal yang dibutuhkan. Ini membantu dalam merilekskan pikiran dan dengan demikian meningkatkan konsentrasi.

8. Membantu Mencegah Penyakit

Jika Anda tidur terlambat maka ada baiknya bangun kesiangan. Tidur selama sekitar 7-8 jam adalah suatu keharusan untuk mencegah stres, sakit kepala, membangun sistem kekebalan tubuh dan m encegah depresi. ***


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews