Mantan Kasat Reskrim Polresta Barelang Herry Heryawan Jadi Kapolresta Depok

Mantan Kasat Reskrim Polresta Barelang Herry Heryawan Jadi Kapolresta Depok

AKBP Herry Heryawan (Foto: Wikipedia)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Mantan Kasat Reskrim Polresta Barelang AKBP Herry Heryawan dipercaya sebagai Kapolresta Depok. 

Herry ditunjuk menjadi Kapolres melalui Surat Telegram Kapolri bernomor ST/2754/X/2016 tanggal 14 November 2016.

Setelah kurang lebih 7 tahun bertugas di Markas Komando Polda Metro Jaya, pria yang akrab disapa Herimen itu akhirnya mendapat promosi.

Sementara Kapolres Depok sebelumnya, Kombes Harry Kurniawan, pindah tugas menjadi Kapolres Metro Tangerang menggantikan Kombes Irman Sugema yang akan menjalani pendidikan Sekolah Staf dan Pimpinan Tinggi (Sespimti).

Untuk posisi Wakil Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya yang lowong diisi oleh AKBP Didik Sugiarto yang sebelumnya menjabat sebagai Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Barat.

Surat Telegram yang ditandatangani Wakapolri Komjen Syafruddin itu mulai berlaku efektif sejak surat tersebut dikeluarkan. Total ada 70 perwira yang digeser untuk menempati posisi baru.

Herimen dan Premanisme

Nama Herry Heryawan mulai mencuat saat ia bersama Wakil Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya saat itu, AKBP Nico Afinta, melakukan penangkapan terhadap preman ibukota, John Kei pada tahun 2012 silam.

Herry yang ketika itu menjabat sebagai Kepala Satuan (Kasat) Reserse Mobil (Resmob) Polda Metro Jaya adalah orang yang melumpuhkan John Kei karena melawan saat akan ditangkap di Hotel C’One, Pulomas, Jakarta Timur.

Aksi pria kelahiran Ambon 23 Februari 1972 itu untuk memberantas premanisme di Jakarta tak berhenti sampai John Kei.  Bersama Kasat Reskrim Polres Jakarta Barat AKBP Hengky Haryadi, Herry Haryawan menangkap bos preman Jakarta, Hercules.

Herry dan Hengky yang satu angkatan ‘Wira Satya’ (sebutan akademi polisi tahun 1996) itu sama-sama mencabut pistol mereka dari sarungnya untuk membuat ciut Hercules dan 50 anggotanya yang saat itu membuat onar saat anggota Polres Polres Jakarta Barat tengah melakukan apel di halaman markas komando.

Maka, tak heran bila kegarangannya menumpas premanisme di Ibu Kota, perwira polisi yang juga malang melintang dalam pemberantasan terorisme ini dijuluki dengan nama Herimen.

sumber: kriminalitas.com

 

[snw]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews