Jangan Lewatkan Penampakan Supermoon Malam Ini

Jangan Lewatkan Penampakan Supermoon Malam Ini

Fenomena Supermoon. (foto: ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Malam ini adalah waktu terbaik untuk pergi ke pantai tempat matahari terbit atau lantai tertinggi di pencakar langit kota Anda. Mengapa demikian? Karena Anda dapat menyaksikan supermoon atau bulan terbesar sejak 1948 lalu.

Bulan purnama ini menerangi langit malam secara maksimal sejak tanggal 13 dan 14 November atau malam ini. Jika Anda melewatkannya, Anda akan bisa melihatnya kembali pada 25 November 2034!

Istilah "supermoon" menandakan bulan baru atau penuh berada di posisi 90 persen terdekat dengan Bumi. Bulan yang juga akan lebih terang 14 sampai 30 persen dari biasanya, tergantung di mana dan bagaimana kondisi lingkungan Anda berada.

"Ketika bulan dekat dengan cakrawala, bulan akan nampak besar bila dilihat melalui pohon, bangunan, atau objek latar depan lainnya," menurut NASA, dikutip dari Travelandleisure, Senin (14/11/2016).    

Apakah fenomena supermoon kali ini bisa dinikmati di Indonesia? Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Thomas Djamaluddin buka suara terkait penampakan tersebut.

"Sama seperti purnama lainnya, supermoon akan tampak hampir di seluruh dunia sesudah magrib di ufuk Timur dan terbenam saat matahari terbit," ujar Thomas dilansir Liputan6.com.

Thomas juga menegaskan, supermoon ini bisa disaksikan di seluruh Tanah Air.

Menurut Thomas, pemandangan cantik itu bisa disaksikan termasuk di Indonesia asalkan kondisi cuaca bagus.

"Semuanya sama peluangnya (untuk melihat supermoon), kecuali bila terganggu mendung," pungkas Thomas.

(ind/bbs)

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews