KY Panggil 3 Hakim Pembunuhan Bidan di Medan

Vonis Bebas Pengusaha Asal Batam Barter dengan Jabatan ?

Vonis Bebas Pengusaha Asal Batam Barter dengan Jabatan ?

Ilustrasi. (foto:ist net)

Medan - Komisi Yudisial (KY) memanggil majelis hakim yang memvonis bebas terdakwa Idawati Pasaribu yang diduga sebagai otak kasus pembunuhan bidan Nurmala Dewi boru Tinambunan.

Dari tiga majelis yang menangani persidangan pengusaha asal Sekupang, Batam, itu hanya Hendri Agus Jaya Harahap SH yang masih bertugas di Pengadilan Negeri (PN) Lubuk Pakam.

Dua majelis lagi yakni Pontas Efendi Doloksaribu SH yang ketika itu menjabat Ketua PN Lubuk Pakam sekaligus ketua majelis yang telah pindah dan sekarang menjabat Ketua PN Bandung dan MY Girsang yang menjabat Wakil ketua PN Tebing Tinggi.

Humas PN Lubukpakam, Derman P Nababan SH saat dikonfirmasi wartawan, Kamis (29/1), mengatakan, belum melihat surat panggilan dari KY untuk majelis hakim perkara pembunuhan bidan Nurmala Dewi bru Tinambunan.  “Biasanya ketiga majelis hakimnya dipanggil dan dimana sekarang bertugas panggilannya dialamatkan ke kantor tempat majelis bertugas. Tanggal 27 bulan depan majelis hakim Hendri Agus Jaya SH dipanggil datang ke KY di Jakarta,” jawab Derman.

Selain melayangkan panggilan ke majelis hakim yang membebaskan terdakwa Idawati Pasaribu, KY juga meminta foto copy berkas perkara dan copy putusan bebasnya terdakwa Idawati Pasaribu. “Semua permintaan KY sudah kita kirimkan,” tambah Panitera Muda Pidana Aristo Prima Sinuraya.

Terpisah MY Girsang SH salah seorang majelis hakim saat dikonfirmasi wartawan via selularnya menyatakan jika surat dari KY belum diterimanya. “Disini kan (Tebingtinggi) alamat pakai PO Box. Mungkin sudah sampainya surat itu ke PO Box Kantor Pos, nantilah saya cek,” ujarnya.

Kabar jika KY memanggil majelis hakim menjadi pergunjingan di kantor PN Lubuk Pakam. Berbagai rumor beredar jika vonis bebas Idawati Pasaribu diduga dibarter dengan jabatan.

Karena sejak terdakwa Idawati pasaribu dibebaskan pada 5 Desember 2013 lalu itu, ketua majelis hakim Pontas Efendi SH langsung dipindahkan menjabat Wakil Ketua PN kelas IA Yogyakarta dan tak sampai sebulan Pontas Efendi kembali mendapat jabatan baru menjadi Ketua PN Kelas IA Khusus Bandung. Sedangkan MY Girsang SH mendapat promosi menjabat Wakil Ketua PN Tebingtinggi.

Bidan Nurmala Dewi Tinambunan (30), tewas ditembak di depan rumahnya di Jalan Pertahanan Gang Indah, Patumbak, Deliserdang, Kamis (7/2/2013) petang. PNS yang bertugas di Puskesmas Teladan, Medan, ini ditembak sepulang bekerja.

Setelah melalui proses penyelidikan, delapan tersangka ditangkap, termasuk orang yang diduga otak pelaku Idawati br Pasaribu (70), seorang pengusaha di kawasan pelabuhan di Batam. Selain Idawati br Pasaribu, polisi juga meringkus Rini Dharmawati alias Cici (40), Julius alias Yus (40), Bripka Gunita Bakhtiar (32), Bripda Aulia Pratama Zulfadlil (22), Rizki Darma Putra alias Gope (23), Ashari alias Ari (18), Iin Dayana (26). Bripka Gunita Bakhtiar dan Bripda Aulia Pratama Zulfadlil merupakan personel Polda Sumbar, sedang IIn Dayana merupakan mantan Polwan di Polda Sumut.

Dari penyelidikan diketahui motif pembunuhan itu ternyata dendam akibat cinta segitiga. Idawati diduga sakit hati karena pasangannya, Berton Silaban, menjalin cinta dengan korban. Dia lantas menyatakan keinginannya membunuh Dewi kepada Rini Darmawati yang kemudian diteruskan kepada pelaku lainnya.

(aha)

Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews