Makna Senyum Misterius Jessica Wongso dari Tersangka Hingga Vonis

Makna Senyum Misterius Jessica Wongso dari Tersangka Hingga Vonis

Raut Jessica usai menerima vonis 20 tahun penjara di PN Jakarta Pusat dan senyum Jessica dari tersangka hingga vonis. (foto-foto: istimewa)

BATAMNEWS.CO.ID, Jakarta - Majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat menjatuhkan vonis 20 tahun penjara bagi terdakwa Jessica Kumala Wongso dalam kasus pembunuhan Wayan Mirna Salihin. Vonis disampaikan majelis hakim yang diketuai Kisworo, dalam persidangan pada Kamis, 27 Oktober 2016.

Persidangan yang begitu panjang menyita perhatian banyak pihak. Sidang Jessica total digelar 32 kali dengan 64 orang saksi.

Yang menarik perhatian adalah raut wajah gadis 28 tahun tersebut tidak pernah berubah, sejak ditetapkannya menjadi tersangka. Ia selalu tersenyum, dan tidak pernah menghindari kamera, sejak pertama kali beberapa stasiun televisi menyorot wajahnya. Memang, ia juga pernah terlihat marah dan menangis.

Senyum awal Jessica yaitu saat rekonstruksi di Kafe Olivier. Saat semua orang tegang dan serius, ia dengan santai senyum-senyum saat polisi melakukan rekonstruksi di kafe tersebut.

Senyumannya sangat khas, karena tidak ada raut wajah menyesal atau bersalah. Ia senyum-senyum saat mendengarkan keterangan saksi yang memberatkannya.

Bahkan, saat hakim mengetuk palu pun ia masih bisa tersenyum. Maka tidak heran, jika senyumannya dan disorot banyak media dunia.

Seperti yang diberitakan Daily Mail, Wajah Jessica masih sempat tersenyum usai meninggalkan ruang sidang setelah divonis 20 tahun penjara. Hal ini sangat berbeda dengan setiap narapidana yang divonis, di mana biasanya mereka sedih bahkan menangis.

Namun, sangat berbeda apa yang diperlihatkan Jessica, ia sama sekali tidak pernah ada raut wajah menyesal. Atau mungkin ia ingin memberikan intuisi sebagai rasa tidak bersalah? Kita memang tidak pernah ada yang tahu.

Banyak komentar yang dituliskan dalam berita tersebut, di antara Yousesf Mama: "Mungkin dia bukan pembunuhnya, dan ia tersenyum karena ada orang yang ingin menjebaknya ke dalam situasi ini."

Bahkan, Hakim Binsar Gultom juga mengamati perilaku Jessica tersebut.

"Banyak persidangan yang kami lewati dan kami melihat wajah-wajah terdakwa biasanya sedih, murung, tidak berseri-seri lah. Sementara terdakwa Jessica ini terlihat tenang. Apakah saudara bisa menilai sikap terdakwa ini?" tanya Binsar kepada Psikolog Klinis Antonia Ratih Andjayani yang hadir sebagai ahli di sidang perkara Jessica, Senin (15/8/2016).

"Berkilau-kilau ya Yang Mulia," timpal Ratih.

Psikolog lulusan Universitas Indonesia (UI) ini kemudian menyampaikan analisanya bahwa Jessica memiliki kepribadian narsistik, yang sangat suka menjadi pusat perhatian. Terkait latar belakang Jessica Wongso mampu bersikap santai saat persidangan, Ratih beranggapan Jessica menikmati perhatian masyarakat atas dirinya.

"Merujuk pada hasil analisa saya, kita berbicara tentang personality profile. Menjadi center of attention memberikan energi kepada Jessica," ujar Ratih.

Kesenangan Jessica saat berhasil mencuri perhatian publik, imbuh dia, adalah ciri khas dari karakter pribadi narsistik. "Semakin banyak atensi yang diterima menjadi energi," Ratih menjelaskan.

Jessica memang kerap menebar senyuman di ruang sidang. Senyum pertama Jessica adalah saat ayahanda Mirna, Darmawan Salihin bersaksi di sidang keempat kasus pembunuhan Mirna. Saat itu Darmawan mengungkapkan banyak spekulasi hingga ditegur hakim.

Lalu Jessica kembali tersenyum saat Ratih yang awalnya mengatakan Jessica tak menolong Mirna Salihin, mengakui kesalahan pernyataannya setelah rekaman CCTV kembali diputar dan adegan Jessica menolong Mirna terlihat.

Di lini massa twitter, vonis Jessica menjadi trending topik di urutan paling puncak.

Menariknya, netizen tak hanya mengomentari keputusan sidang. Banyak dari mereka yang mencermati reaksi Jessica ketika mendengar vonis 20 tahun kurungan penjara.

“Di vonis hukuman 20 tahun dan Jessica masih bisa senyum, heran sama orang ini, gak ada penyesalannya sama sekali #SidangJessica,” kicau akun ‏@Shanty6393.

“20tahun, keluar ruang sidang dengan senyum diwajahnya. Jessica Kumala ckckck,” komentar akun ‏@ckyukyu_.

“Divonis 20 tahun. Pengacaranya tegang dan lemes tapi jessica malah senyum senyum,” kata akun @cahyadi17.

“Terlalu santai buat ekspresi orang yg di vonis 20tahun penjara.. #vonisjessica,” kicau @REBECARACHELOK.

(ind)
 

 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews