Program Germas Kementerian Kesehatan

Kabar Gembira, Dinas Kesehatan Kucurkan Rp 10 Juta untuk Tiap Rumah!

Kabar Gembira, Dinas Kesehatan Kucurkan Rp 10 Juta untuk Tiap Rumah!

Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam Chandra Rizal (Foto: Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Sebanyak 25 unit rumah di Kecamatan Belakangpadang akan mendapat bantuan benah rumah. Tiap rumah mendapat bantuan Rp 10 juta. 

Program benah rumah ini merupakan bagian dari kegiatan gerakan masyarakat (Germas) hidup sehat yang dicanangkan Kementerian Kesehatan.

"Dananya dari Kemenkes. Bisa dipakai untuk memperbaiki bagian rumah yang rusak," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, Chandra Rizal, Rabu (26/10).

Menurut Chandra, rumah yang akan menerima bantuan nantinya diseleksi melalui kelurahan dan Dinas Sosial Pemakaman Kota Batam. 

Selain bantuan benah rumah, melalui Germas ini masyarakat juga diajak untuk hidup sehat.

"Di pulau itu masih ada warga yang buang air langsung ke laut. Harusnya tiap rumah ada WC-nya. Atau lima rumah ada sanitasi bersamanya," kata Chandra.

Pencanangan Germas hidup sehat akan dilaksanakan pada 12 November mendatang serentak di 10 kabupaten/kota Indonesia yang terpilih. 

Batam dan tepatnya Kecamatan Belakangpadang dipilih karena lokasinya yang berada di perbatasan. Pertimbangan lainnya adalah masyarakat yang mayoritas berprofesi sebagai nelayan.

Tim dari Kementerian Kesehatan juga sudah turun melihat lokasi kegiatan yang nantinya melibatkan masyarakat banyak. Kata Chandra, pola hidup sehat harus terus disosialisasikan agar masyarakat tidak mudah sakit.

“Dengan sehat, ekonomi bertambah maju karena kita lebih produktif,” kata Chandra.

Pada event tersebut nantinya, juga dilakukan ragam kegiatan seperti pemeriksaan kesehatan, senam, pameran produk-produk lokal hingga sosilasiasi hidup sehat.

 

[ret]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews