Kanker Otak Pembunuh No 1 Anak-Anak di AS, Disebabkan Radiasi Ponsel?

Kanker Otak Pembunuh No 1 Anak-Anak di AS, Disebabkan Radiasi Ponsel?

Ilustrasi. (foto:ist/net)


BATAMNEWS.CO.ID - Hasil penelitian Pusat Statistik Kesehatan Nasional AS mengungkap, kanker otak telah melampaui leukemia sebagai penyebab utama kematian akibat kanker pada anak-anak dan remaja di Amerika Serikat.

Pada 2014, penyebab kematian pada anak usia satu hingga 19 tahun di Amerika Serikat akibat kanker otak mencapai 30 persen. Sedangkan, leukemia sebesar seperempatnya.

Pada 1999, laporan Pusat Statistik Kesehatan Nasional AS justru mengungkap sebaliknya.

Dari hasil studi tersebut, telah terjadi peningkatan pengobatan untuk kanker leukimia, namun hal sebaliknya justru terjadi pada kanker otak.

"Ini adalah tonggak penting, semacam perubahan," kata kepala tim penulis laporan tersebut, Sally Curtin, seraya menambahkan bahwa perubahan tercermin dari menurunnya jumlah kematian akibat leukimia, bukan meningkatnya kematian akibat kanker otak.

Di Amerika Serikat, kanker merupakan penyebab utama kematian keempat pada anak.

Dikutip dari situs faktakanker.com, banyak penyebab munculnya kanker otak. Seperti genetik, lingkungan, radiasi dan infeksi.

Dari sekian banyak faktor yang diteliti, hanya satu paparan radiasi ION yang telah jelas terbukti meningkatkan risiko mengembangkan tumor otak.

Banyak informasi yang berkembang mengenai energi dari jaringan listrik atau penggunaan ponsel ini, memungkinkan dalam peningkatan resiko terjadinya tumor otak.

Hal ini merupakan alasan dari tindakan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang merekomendasikan pembatasan terhadap penggunaan ponsel dan menggantinya dengan headset atau hands free untuk orang dewasa dan anak-anak.

(ind/bbs)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews