Kerennya Adu Manuver Sukhoi vs F-16 di Langit Natuna!

Kerennya Adu Manuver Sukhoi vs F-16 di Langit Natuna!

Pesawat tempur F16 yang tengah parkir di Bandara Enclave Sipil Lanud Ranai (Foto: Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Natuna - Manuver pesawat-pesawat tempur TNI menjadi tontonan seru warga Ranai, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepri. 

Latihan gabungan Angkasa Yudha 2016 yang digelar sejak hari ini, Senin (3/10/2016) mulai mempertontonkan beberapa misi-misi penting yang dilakukan kendaraan tempur serang dan taktis udara.

Penampilan akrobatik jet tempur Sukhoi, F-16 dan Hawk mengundang decak kagum warga. 

Para pilot pesawat tempur seakan beradu kelihaian di udara. Deru mesin jet seakan membuat dada begetar. Beberapa kali manuver akrobatik secara vertikal, horizontal dipertunjukkan.

"Jarang-jarang nonton yang kayak gini, Tadi itu pesawat tempur Sukhoi kayaknya, cepat banget, beda sama pesawat tempur lainnya. Gila gerakannya keren," ujar Imam, warga Air Lakon yang asyik nonton dengan putranya di Pantai Kencana Ranai.

Pantai Kencana menjadi lokasi cocok untuk menyaksikan latihan pesawat tempur karena punya sudut pandang yang luas mengarah ke lokasi perairan Tanjung Pasir di depan kawasan Lanud yang menjadi tempat latihan. Hampir sekitar sejam-an atraksi tersebut berlangsung 

Selain jet-jet tempur, beberapa manuver helicopter super puma, pesawat hercules dan penerjunan juga terjadi. Puncak Angkasa Yudha 2016 ini akan berlangsung pada 6 Oktober nanti dan akan disaksikan Presiden Jokowi. Bandara Enclave Sipil Lanud Ranai menjadi base station latihan ini.

Komandan Lanud Ranai, Kolonel (Pnb) Nurtantio Affan mengatakan jika presiden akan menyaksikan aksi pesawat tempur dari Enclave Sipil yang menghadap pas ke pantai Tanjung Pasir.

"Presiden akan nonton penembakan ke udara dengan Orlicon, pengeboman dengan pesawat tempur dan beberapa ujicoba alutsista lainnya dari Enclave sipil," kata Danlanud.

Latihan Angkasa Yudha 2016 melibatkan 2.200 personel TNI Angkatan Udara dan sedikitnya 70 pesawat dan helikopter. Latihan yang sama sebelumnya pernah digelar di Ranai, Natuna pada 2013 lalu.

 

[Fox]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews