BPJS Kesehatan Targetkan 250 Orang untuk Pemeriksaan IVA dan Papsmear

BPJS Kesehatan Targetkan 250 Orang untuk Pemeriksaan IVA dan Papsmear

Candra Rizal, Kepala Dinas Kesehatan Batam saat acara BPJS Kesehatan. (foto: isk/batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Dalam upaya fungsi promotif dan preventif, BPJS Kesehatan bekerjasama dengan Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE) kabinet kerja yang dipimpin oleh Ibu Iriana Joko Widodo.

Budi Setiawan, Kepala BPJS Kesehatan Batam mengatakan, Kementerian Kesehatan dan BKKBN melaksanakan kegiatan perencanaan Gerakan Promotif Preventif dengan pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) dan Papsmear yang dilaksanakan serentak di 1.558 titik di seluruh Indonesia.

"Untuk Batam, kegiatan kita laksanakan di Puskesmas Sei Panas, Bulang, Belakang Padang, Kabil, Sekupang, Tiban Baru, Klinik Tamara, Klinik Nayaka dan Rumah Sakit Camatha Sahidya," ujar Budi Setiawan di Puskesmas Sei Panas, Batam, Jumat (29/7/2016).

Target pemeriksaan secara serentak seluruh Indonesia sebanyak 27.000 untuk pemeriksaan IVA dan 10.275 untuk pemeriksaan Papsmear.

Sementara untuk wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Utama Batam, kata Budi, targetnya berkisar 250 orang. "Disini wilayah kerja kita Batam dan Karimun, target kita sebanyak 250 orang," kata Budi.

"Ayo kita periksa, jangan sampai kanker kita sudah stadium lanjut baru diperiksa, nanti akan susah penanganannya," ujar Budi menambahkan.

Budi mengungkapkan, jumlah kasus kanker serviks terhitung sejak Januari hingga Juni 2016 di tingkat pelayanan rawat jalan tingkat lanjut mencapai 45.006 dengan total biaya sekitar Rp 33,4 miliar. Sementara tingkat rawat inap ada 9.381 kasus dengan total biaya sekitar Rp 51,3 miliar.

Di tempat yang sama Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, dr Candra mengatakan untuk mendukung program ini pemerintah kota Batam akan segera membangun Puskesmas di dua lokasi.

"Kita akan menambah dua Puskesmas, di Rempang Cate, Galang dan Kampung Jabi," kata Candra.

Ia mengatakan, mudah-mudahan di awal 2017 nanti sudah terlaksana, sebab saat ini pihaknya sedang mempersiapkan tenaga medis di dua Puskesmas tersebut.

(isk)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews