Koarmabar Gelar Latihan Pengamanan Pejabat Negara VVIP di Batam

Koarmabar Gelar Latihan Pengamanan Pejabat Negara VVIP di Batam

Proses latihan pengamanan pejabat negara VVIP di Lanal Batam (Foto: Ist/Batamnews)

BATAMNEES.CO.ID, Batam - Komando Armada Indonesia Kawasan Barat (Koarmabar) menggelar latihan pengamaman pejabat negara VVIP (Very Very Important Person) tahun 2016 di Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Batam. Latihan itu dimulai sejak 14 Juli hingga 20 Juli 2016.

Di hari kelima, dalam gladi parsial, Waasop Panglima TNI melihat langsung proses latihan tersebut. 

“Beberapa materi yang dilaksanakan antara lain, prosedur penyelamatan dan escape VVIP di Pelabuhan, prosedur pengamanan di pelabuhan dan pesisir pantai, prosedur evakuasi medis di pelabuhan dengan melibatkan seluruh komponen peserta Latihan sesuai bidang tugas masing-masing,” ujar Kepala Dispen Lantamal IV Mayor Laut (KH) Drs. Josdy Damopolii dalam rilis yang diterima batamnews.co.id, Senin (18/7/2016).

Latihan tersebut tergolong berat. Setiap aparat harus mematuhi perintah sekecil apapun agar mengedepankan zero accident.

 

 

Peserta latihan terdiri dari para pelaku dan peninjau latihan dari Lantamal IV, Lanal Batam, KRI, Polair Polda Kepri, Paspampres, Kolat Armabar, Yonif 10 Marinir Setoko, Bakamla, KPLP.

Danlantamal IV Laksamana Pertama TNI S. Irawan.S.E. mengatakan, bahwa dalam waktu dekat beberapa kegiatan yang berskala internasional yang melibatkan pejabat-pejabat tinggi negara lain.

“Oleh karena itu kesiapan dan penyelenggaraan dan antisipasi berbagai kemungkinan dan ancaman harus benar-benar disiapkan,” kata Josdy.

Selain itu kondisi geografis negara Indonesia yang dua pertiganya adalah lautan, maka harus benar-benar diwaspadai bahwa datangnya cela-celah ancaman menggunakan jalur lautan. 

Untuk itu  latihan manuver lapangan dalam rangka latihan operasi pengamanan VVIP yang diselenggarakan di Batam ini akan memiliki makna yang sangat penting.

Di satu sisi latihan ini merupakan sarana untuk menguji ketrampilan dan meningkatkan profesionalisme prajurit, dan di sisi lain sebagai syarat bahwa TNI Angkatan Laut dan khususnya Lantamal IV memiliki tanggung jawab dan kesiapan tinggi dalam melaksanakan tugas yang diembannya.(Dispen Lantamal IV).


[snw]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews