Mahasiswi Terjebak Rentenir Online, Foto Syur Sebagai Jaminan Utang

Mahasiswi Terjebak Rentenir Online, Foto Syur Sebagai Jaminan Utang

Ilustrasi. (foto:ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID, Beijing - Kelompok peminjam uang online di China melakukan cara yang tergolong jahat terhadap kliennya, khususnya wanita. Mereka meminta sejumlah foto syur dari para peminjam yang rata-rata adalah mahasiswi yang terbelit masalah ekonomi.

Awal pekan ini, muncul pamflet di dunia maya mengabarkan rentenir swasta menawarkan pinjaman uang cukup pakai jaminan foto syur mahasiswi beserta identitas mereka.

Menurut rentenir, hal ini lebih efektif ketimbang jaminan lain secara umum. Mereka bisa langsung menyebar foto syur tersebut jika klien telat mengembalikan pinjamannya.

Dikutip dari laman ABC News, Rabu (15/6/2016), seorang mahasiswi mengaku telah meminjam uang dari kelompok rentenir online ini. Awalnya, dia meminjam 500 yuan (Rp 1 juta) dengan bunga perminggunya adalah 30 persen.

Dikarenakan masih belum bisa membayar, dia terus meminjam hingga utangnya menjadi 55 ribu yuan. Kendati total utangnya tersebut, rentenir online ini lalu meminta foto syurnya sebagai jaminan bila dia ingin meminjam uang lagi.

Lebih jauh, diketahui banyak mahasiswi di China yang terjebak permainan rentenir online, namun mereka memilih bungkam. Wartawan mencoba menelusuri kebenaran praktik ini dan ditemukan bukti kuat. Rentenir online ini bermain dari situs grup chat di ponsel pintar, berlanjut kepada meminta info data diri tiap peminjam.

(ind/bbs)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews