Batam Dilanda Musim Hujan, BMKG: Penerbangan dan Pelayaran Masih Aman

Batam Dilanda Musim Hujan, BMKG: Penerbangan dan Pelayaran Masih Aman

Ilustrasi cuaca buruk. (foto: ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Hang Hadim Batam mengatakan jalur penerbangan dan pelayaran di Kepulauan Riau (Kepri) masih aman kendati musim hujan akan terus berlangsung hingga akhir bulan Juni 2016.

Berdasarkan perkiraan BMKG, hingga akhir bulan Juni 2016 curah hujan serta kuantitas awan gelap akan hadir setiap harinya di Batam dan tidak menjadi ancaman bagi jalur pelayaran dan penerbangan.

"Puncak musim hujan di Kepri ada dua kali. Pertama Mei hingga Juni dan berikutnya Desember hingga Januari," ujar Philip Mustamu, Kepala BMKG Hang Nadim Batam, Jumat (17/6/2016).

Ia menjelaskan, awan hitam ini hanya sementara, sehingga tidak mengganggu penerbangan. Selain itu, untuk tinggi gelombang di laut masih dalam status aman. "Untuk kecepatan angin laut dari pantauan kita 10 sampai 20 knot," kata dia.

Hal senada juga disampaikan oleh Koordinator Syahbandar Pelabuhan Telaga Punggur, Erwin. Ia menyampaikan pelayaran kapal ferry antarpulau masih normal dan berjalan lancar. Baik kapal dari ataupun yang meninggalkan Batam.

"Kondisi jarak pandang masih normal. Hanya saja nahkoda kita sarankan, agar selalu menghidupkan alat navigasi," kata Erwin.

(isk)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews