4 Kebiasaan Buruk yang Dilakukan Orang di Toilet

4 Kebiasaan Buruk yang Dilakukan Orang di Toilet

Foto: Net

Banyak hal yang terjadi ketika kita berada di toilet. Terutama soal kebiasaan-kebiasaan yang tidak direkomendasikan para ahli. Toilet tentu saja digunakan untuk buang air kecil, buang air besar hingga membersihkan diri. Intensitasnya cukup sering.

Hindari, empat kebiasaan buruk berikut yang biasa dilakukan di kamar mandi seperti dilansir laman Good Housekeeping, Senin (12/1/2015).

1. Tidak menutup tutupan toilet ketika flush
Hal ini berlaku bagi toilet duduk yang memiliki tutupan toilet. Usai buang air kecil atau besar, apakah terbiasa untuk menutup tutup toilet saat menyiram/flush? Ternyata, jika tidak menutup tutupan toilet bisa membuat partikel yang ada di dalam lubang toilet berisi kuman dan bakteri meloncat hingga sejauh enam meter. Fakta ini pertama kali dibahas pada studi tahun 1975, lalu diuji kembali kebenarannya oleh ahli kuman dokter Charles Gerba berulang kali dan terbukti.

2. Menyimpan sikat gigi dalam kabinet tertutup
Mungkin, Anda berpikir bahwa ini cara cerdas untuk menghindari sikat gigi dari bakteri yang ada di toilet. Namun, cara penyimpanan seperti ini malah membuat sikat gigi tidak akan pernah kering sehingga memicu bakteri mudah berkembangbiak di atasnya.

Lebih baik, simpan sikat gigi dalam posisi tegak dan tidak menempel pada sikat gigi anggota keluarga lainnya untuk mengurangi risiko terkontaminasi bakteri dari orang lain.

3. Terlalu lama menggunakan penggosok badan
Bagi beberapa orang, saat mandi tidak hanya menggunakan sabun tapi juga penggosok badan yang dalam bahasa Inggris disebut loofah. Pada awal penggunaan loofah akan higienis, usai digunakan sel-sel mati akan terperangkap di dalamnya.
Usai digunakan mandi, loofah yang lembap akan dibiarkan saja yang berpotensi membuat bakteri tumbuh di atasnya. Oleh karena itu, cukup gunakan loofah tiga hingga empat minggu saja.

4. Meletakkan handuk pada pengait
Terbiasa meletakkan handuk di cantolan atau pengait yang ada di kamar mandi memang praktis. Tapi, ini sama saja dengan membiarkan bakteri dan jamur tumbuh pada handuk Anda yang basah. Disarankan untuk untuk menjemurnya sehingga handuk cepat kering.

 

[snw]

Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews