Harga Jengkol di Batam Melambung Tinggi, Kalahkan Harga Ikan

Harga Jengkol di Batam Melambung Tinggi, Kalahkan Harga Ikan

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Harga buah jengkol melambung tinggi hingga hampir mencapai  dua kali lipat dari harga normalnya. Kenaikan ini sudah berlangsung selama dua minggu belakangan.

Berdasarkan pantauan batamnews.co.id di salah satu Pasar di Batuaji, Pasar Aviari, harga jengkol per kilogram mencapai Rp36 ribu.

Sebelumnya harga buah yang kerap dijadikan masakan ini biasanya hanya sekitar Rp20 ribu. Kenaikan ini berpengaruh bagi para pedagang maupun konsumen.

"Karena naik jadi malas mau jual, kalau nanti jual para pembeli jadi banyak mengeluh jadi malas mau jual,” ujar Siti, salah satu pedagang di Pasar Aviari.

Harga jengkol yang melambung tinggi tidak sebanding dengan harga-harga komoditi pasar yang lainnya, selerti harga ikan selar dan benggol tidak mencapai harga Rp20 ribu saja per kg.

Sedangkan untuk harga cabai masih stabil dengan harga Rp36 ribu rupiah.

Kenaikan ini membuat pengaruh bagi para penjual, pendapatannya menjadi turun karena para pembeli enggan untuk membeli.

"Banyak yang mau beli, tapi waktu dengar harganya segitu jadi gag jadi. Mereka bilang daripada beli jengkol mending beli ikan  jadi itu juga alasan saya gag jual jengkol karena pernah saya jual waktu itu 4 kilo aja lama banget baru terjual,” kata Siti.

Dari puluhan pedagang yang berjualan hanya beberapa dua pedagang saja yang menjual jengkol.

 

[ret]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews