Cara Unik Naik Taksi Bertarif Murah di Batam

Cara Unik Naik Taksi Bertarif Murah di Batam

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Batam dikenal sebagai salah satu kota metropolitan di Indonesia. Sebagai salah satu kota besar, Batam memiliki sejumlah keunikan. Terutama di bidang transportasi terutama taksi.

Beberapa tahun lalu, taksi di Batam, tak satupun memiliki argo. Kalau pun ada tak pernah digunakan. 
Kemudian, setelah masuknya korporasi taksi yang memiliki argo, taksi di Batam sedikit berbenah, kendati praktiknya tetap sama.

Namun yang menarik bukan itu. Di Batam ternyata naik taksi bisa bareng-bareng. Angkutan taksi bisa sangat murah dengan jarak tertentu.

Kata kuncinya, apakah taksi tersebut “langsung” atau “tidak langsung”. Bila langsung berarti kamu sepakat untuk mencarter, sedangkan bila “tak langsung” artinya kamu menyewa secara borongan.

“Langsung atau tidak, Bang?” Begitu pertanyaan yang harus kamu lontarkan saat menyetop taksi tersebut.

Dengan sistem tidak langsung, ini berarti sopir taksi bisa menaikkan atau menambah penumpang di jalan yang satu tujuan.

Jadi di dalam taksi tak hanya kamu saja, namun juga akan ada beberapa orang, bahkan sampai penuh. Sopir bisa mencari-cari penumpang di perjalanan.

Tentu saja keuntungannya, kamu bisa membayar lebih murah. Misalnya, bila naik taksi borongan dari Tiban ke Nagoya atau sebaliknya, kamu cukup membayar sekitar Rp10 ribu. 

Sedangkan tarif normal di Batam dari Tiban-Nagoya, bisa mencapai Rp100 ribu lho. Kamu bisa membayangkan betapa iritnya dengan naik taksi dengan sistem tak langsung itu.

Namun yang perlu diingat, taksi yang menawarkan borongan ini biasanya minim fasilitas dan taksi terbilang tua. 

Tidak usah bertanya air conditioner karena AC yang digunakan alami dengan jendela terbuka. Selain itu kamu bisa saja duduk berdesak-desakan. Bila beruntung, bisa seorang diri dalam taksi tersebut.

Selain itu, ada juga taksi gelap atau plat hitam, yang juga menawarkan jasa serupa. Namun taksi plat hitam kerap tak terjamin keamanannya.

Namun semacam ini sudah jarang ditemui, pasalnya, para penumpang lebih sering menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum lainnya.

Praktiknya di Batam, taksi berargo masih sangat jarang ditemukan kecuali perusahaan jasa transportasi seperti Bluebird. Sedangkan taksi lainnya yang resmi masih menawarkan tarif taksi sesuai jarak.

 

[snw]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews