Minum Air Dingin atau Es Saat Cuaca Panas Ternyata Tidak Sehat

Minum Air Dingin atau Es Saat Cuaca Panas Ternyata Tidak Sehat

Ilustrasi. (foto:ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID - Cuaca yang panas kerap membuat seseorang merasakan haus atau dehidrasi. Agar terasa lebih segar, banyak orang yang memilih mengonsumsi air dingin atau es.

Dilansir dari Daily Mail, kebiasaan tersebut dinilai tidak tepat. Bahkan, cara ini dinilai tidak menyegarkan dan tidak menyehatkan.

Kepala Ilmu Gizi di Universitas Surrey, Susan Lanham-New menjelaskan, bahwa hingga saat ini tidak ada bukti yang menunjukkan makanan atau minuman dingin bisa membuat suhu tubuh lebih menjadi lebih dingin.

"Setiap makanan harus dipecah dan melalui proses metabolisme, dan proses ini akan membuat tubuh merasa sedikit lebih panas," papar Susan.

Menurut Susan, saat mengonsumsi makanan panas, suhu tubuh akan naik. Akibatnya otak akan mengirim sinyal untuk mengaktifkan mekanisme tubuh, seperti berkeringat. Keringat ini nantinya akan mengembalikan suhu tubuh untuk kembali normal.

Idealnya, saat merasakan kepanasan, seseorang harus banyak mengonsumsi air. Cara ini pun bisa membantu mengganti cairan yang hilang melalui keringat dan tubuh menjadi lebih segar dan bugar.

(ind/bbs)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews