Cuaca Panas Menyengat, Kamu Berpotensi Terkena Sun Stroke

Cuaca Panas Menyengat, Kamu Berpotensi Terkena Sun Stroke

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Batam tengah dilanda cuaca panas. Suhu udara terasa sangat berbeda sejak pagi hingga siang hari. Bapedal Kota Batam memperkirakan 33 derajat celcius hingga 35 derajat celcius.

Dan kemungkinan musim kemarau akan lebih cepat dari tahun sebelumnya. Oleh sebab itu, masyarakat yang bermukim di iklim tropis rawan terpapar sinar matahari apabila di luar rumah.

Terutama pada saat cuaca tengah terik. Kenyamanan dalam beraktivitas pun berkurang. Namun yang patut dihindari adalah terkena Sun Stroke.

Tahukah Anda bahwa Sun Stroke biasanya ditandai dengan perubahan warna, bercak kecokelatan dan kulit bersisik yang disertai rasa nyeri di kulit. 

Sun stroke timbul akibat kulit yang terlalu sering terkena atau terpapar sinar matahari.

Berikut ini ada beberapa gejala lainnya setelah terkena Sun stroke, seperti dikutip dari Boldsky.

1. Berkeringat

Ini merupakan hal yang umum sering terjadi ketika cuaca saat panas-panasnya, dimana kulit akan mengeluarkan keringat lebih banyak daripada biasanya, sehingga tubuh akhirnya kurang cairan atau dehidrasi.

2. Sakit kepala

Sakit kepala juga merupakan salah satu gejala yang sering di alami oleh orang saat terkena sun stroke. Jadi disarankan untuk menggunakan penutup kepala saat Anda hendak bepergian keluar di saat cuaca panas untuk mencegah terjadinya sakit kepala.

3. Demam atau suhu tubuh tinggi

Suhu badan tinggi atau mengalami demam merupakan salah satu gejala dari sun stroke. Umumnya suhu tubuh akan meningkat hingga 40 derajat Celcius saat terkena sun stroke. Jadi segeralah untuk berkonsultasi kepada dokter apabila suhu tubuh Anda meningkat secara drastis.

4. Mual

Ini juga merupakan salah satu dari gejala dari sun stroke, bahkan pada orang dewasa rasa mual tersebut akan terus dialami dalam kurun waktu beberapa hari.

5. Pernapasan

Umumnya saat terkena sun stroke akan mengalami sedikit gangguan masalah pada pernapasannya. Selain itu, juga dapat membuat jantung berdetak lebih cepat dari biasanya.


[snw]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews