BNN Akui Pelabuhan Tikus di Batam Jadi Favorit Sindikat Narkoba

BNN Akui Pelabuhan Tikus di Batam Jadi Favorit Sindikat Narkoba

Ilustrasi. (foto:ist/net)


BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Badan Narkotika Nasional (BNN) mengatakan, sindikat narkoba internasional kerap menggunakan jalur laut untuk melakukan penyelundupan. Salah satu jalur favorit adalah Batam.

Kepala Humas BNN, Kombes Pol Slamet Pribadi menjelaskan, biasanya narkoba dibawa dari kapal besar dan dipindahkan ke kapal kecil, sebelum akhirnya di bawa ke daratan melalui pelabuhan tikus.

"Masuknya dari kota besar di pinggir laut, seperti Jakarta, Batam, Medan, Semarang, dan Surabaya. Ini terbukti dengan ungkap kasus kami yang kebanyakan berasal dari pelabuhan semacam ini," ucap Slamet, Rabu (23/3/2016).

BNN melalui pola sosialisasi dan penyuluhan kepada sejumlah warganya terutama yang tinggal di pinggir pantai. BNN berupaya minta bantuan warga untuk mewaspadai gerak-gerik orang mencurigakan, terutama yang terindikasi membawa narkoba.

Upaya demikian, selaras dengan pencegahan lainnya, seperti melakukan patroli rutin di perairan Indonesia, dan menyebarkan sejumlah anggota untuk memantau aktifitas masyarakat di bibir pantai.

"Cukup lumayan, kami berhasil mengungkap dan menggalkan penyelundupan. Yang terbanyak dua tahun lalu, sebanyak 800 kg kami bekuk di kawasan Dadap, Tangerang," jelasnya.

(ind/bbs)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews