Bencana Alam Longsor dan Banjir Bandang Putuskan Sejumlah Ruas Jalan di Sumatera Barat

Bencana Alam Longsor dan Banjir Bandang Putuskan Sejumlah Ruas Jalan di Sumatera Barat

Dirlantas Polda Riau meninjau langsung sejumlah jalan yang putus akibat banjir di Sumbar.

Pekanbaru, Batamnews - Wilayah Sumatera Barat dilanda bencana alam serius ketika longsor dan banjir bandang menghantam sejumlah wilayah, menyebabkan terputusnya sejumlah ruas jalan vital. 

Polisi setempat memberikan imbauan kepada masyarakat Provinsi Riau untuk menunda perjalanan ke Sumatera Barat sementara waktu karena situasi lalu lintas di wilayah tersebut masih terhambat akibat longsor.

Direktur Lalu Lintas Polda Riau, Kombes Pol Taufiq Lukman, menyatakan, "Tadi kita meninjau langsung situasi arus lalu lintas dari Provinsi Sumatera Barat menuju Riau. Untuk arus di wilayah Riau sejauh ini memang sepi karena ada kemacetan di Sumbar."

Baca juga: Polres Kepulauan Meranti Mengungkap Kasus Narkoba, Pencabulan, dan Rokok Ilegal

Beberapa ruas jalan yang terkena dampak longsor antara lain Jalan Nasional Sumbar-Riau di Km 20, Kecamatan Harau, dan Km 30, Nagari Koto Alam, Kecamatan Pangkalan, Kabupaten 50 Kota.

Taufiq menjelaskan bahwa beberapa titik longsor terjadi di wilayah Sumatera Barat, termasuk kejadian semalam. Hal ini menyebabkan gangguan lalu lintas yang signifikan. "Kami mengimbau masyarakat Riau yang hendak berpergian ke Sumbar agar menunda dulu," ujarnya.

Taufiq dan timnya melakukan pengecekan langsung terhadap situasi arus lalu lintas hingga ke Kabupaten 50 Kota, Sumatera Barat. Dia menekankan pentingnya bagi masyarakat yang memiliki keperluan mendesak ke Sumbar untuk menggunakan jalur alternatif.

Baca juga: Satlantas Polresta Pekanbaru Gagalkan Aksi Balap Liar, 34 Sepeda Motor Disita

Bagi mereka yang menuju Kota Padang, disarankan untuk menggunakan jalan alternatif melalui jalur lintas tengah, tepatnya via Kiliran Jao, Kabupaten Kuansing. Sedangkan untuk perjalanan menuju Payakumbuh atau Bukittinggi, saat ini bisa melalui Jalan Lintas Barat, Riau-Sumbar.

"Situasinya sudah mulai membaik, tetapi kendaraan sumbu tiga tetap kami arahkan via Kiliran Jao," tambah Taufiq.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews