Polsek Daik Gelar Sosialisasi Pencegahan Bullying ke Pelajar SD IT Al-Madani Lingga

Polsek Daik Gelar Sosialisasi Pencegahan Bullying ke Pelajar SD IT Al-Madani Lingga

Dalam upaya pencegahan Bullying di kalangan pelajar, Polsek Daik Lingga mengadakan sesi edukasi untuk para siswa SD IT Al-Madani, yang diadakan pada Kamis, 25 April 2024 di kantor Polsek setempat. (Foto: istimewa)

Lingga, Batamnews – Dalam upaya pencegahan Bullying di kalangan pelajar, Polsek Daik Lingga mengadakan sesi edukasi untuk para siswa SD IT Al-Madani, yang diadakan pada Kamis, 25 April 2024 di kantor Polsek setempat. 

Kegiatan sosialisasi yang dipimpin oleh Kanit Binmas Polsek Daik Lingga, Bripka Mastur, ini merupakan bagian dari Program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

Program ini berfokus pada pembelajaran multidisiplin untuk mengamati dan merumuskan solusi atas problematika sosial, seperti bullying, yang terjadi di lingkungan sekolah. Tujuannya adalah untuk membentuk kompetensi pelajar yang sejalan dengan Profil Pelajar Pancasila.

Baca juga: KPU Lingga Klaim Tak Memiliki Wewenang Cabut Pelaporan Dana Kampanye Partai Politik

Kapolsek Daik Lingga melalui Bripka Mastur menyatakan bahwa sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan ruang ekspresi yang sesuai bagi potensi, bakat, dan minat para pelajar, sesuai dengan kurikulum merdeka. 

"Agar mereka dapat tumbuh dan berkembang serta menikmati waktu belajar di sekolah," tutur Bripka Mastur.

Dalam sesi sosialisasi, Bripka Mastur mengedukasi peserta tentang definisi bullying, berbagai jenisnya, faktor penyebab, dampak negatif, serta cara-cara pencegahan. Selain itu, Bripka Mastur juga menyoroti bahaya kecelakaan lalu lintas dan penggunaan handphone berlebihan yang bisa berdampak pada kesehatan, khususnya bagi pelajar.

Terpisah, Kapolsek Daik Lingga, IPTU Palti Simangunsong, menambahkan bahwa peran orang tua sangat krusial dalam mengedukasi dan melindungi anak-anak dari bullying. "Kami mengimbau agar setiap masalah yang dihadapi anak-anak harus segera dikomunikasikan untuk mencari solusinya," ujar IPTU Palti.

Baca juga: Musrenbang RPJPD Kabupaten Lingga 2025-2045 Dibuka, Fokus Pembangunan Jangka Panjang

Pihak kepolisian menekankan pentingnya edukasi untuk pencegahan Bullying, kecelakaan lalu lintas, dan risiko penggunaan handphone yang berlebihan sebagai langkah vital dalam melindungi generasi muda.

“Kegiatan ini sangat penting untuk menyelamatkan generasi muda agar mereka dapat berprestasi dan bermanfaat bagi bangsa serta negara," cetus Kapolsek.

Inisiatif Polsek Daik Lingga ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat, khususnya para pelajar, untuk menciptakan lingkungan yang aman, kondusif, dan bebas dari segala bentuk bullying.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews