Musrenbang RPJPD Kabupaten Lingga 2025-2045 Dibuka, Fokus Pembangunan Jangka Panjang

Musrenbang RPJPD Kabupaten Lingga 2025-2045 Dibuka, Fokus Pembangunan Jangka Panjang

Bupati Lingga, diwakili oleh Asisten II Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Lingga, Drs. Zainal Abidin, M.Pd, membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) untuk Rancangan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Lingga Tahun 2025-2045. (Foto: dok.Diskominfo Lingga)

Lingga, Batamnews – Bupati Lingga, diwakili oleh Asisten II Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Lingga, Drs. Zainal Abidin, M.Pd, membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) untuk Rancangan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Lingga Tahun 2025-2045. 

Kegiatan ini berlangsung di Balai Agung Junjungan Negeri Bunda Tanah Melayu (Aula Kantor Bupati), Daik, Lingga, pada Rabu, 24 April 2024.

Acara ini dihadiri oleh berbagai stakeholder penting termasuk Sekretaris DPRD Kabupaten Lingga yang mewakili Ketua, Ketua TP-PKK Kabupaten Lingga, dan anggota DPRD Provinsi Kepri Hanafi Ekra. 

Baca juga: Inovasi Daerah LAMPAM, Ketua TP-PKK Kabupaten Lingga Tanam Bibit Terong di Desa Resun

Turut hadir pula Ketua DWP Kabupaten Lingga, Pimpinan FORKOPIMDA, para Asisten, Staf Ahli, Camat, serta Tenaga Ahli Bupati Lingga. Musrenbang ini juga menggandeng Drs. Gunarto, M.M. dan Luis Yulianto, S.Kel, M.A., sebagai tenaga ahli penyusun RPJPD.

Dengan tema utama yang difokuskan pada pembangunan jangka panjang, kegiatan ini bertujuan untuk merumuskan arah kebijakan dan prioritas pembangunan yang akan diimplementasikan selama dua dekade ke depan. 

Narasumber dari Kementerian Dalam Negeri, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Provinsi Kepri, dan akademisi turut memberikan pandangan dan masukan melalui zoom meeting untuk memperkaya diskusi.

Musrenbang ini merupakan forum strategis yang mengumpulkan masukan dari berbagai pihak termasuk instansi vertikal, pelaku dunia usaha, asosiasi profesi, perwakilan stakeholder pembangunan, dan tokoh masyarakat. 

Baca juga: ATR/BPN Lingga Gelar GSRA, Kurangi Ketimpangan Pemilikan Tanah dan Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Tujuannya adalah untuk menyamakan persepsi dan mengintegrasikan berbagai kepentingan dalam blueprint pembangunan daerah yang berkelanjutan.

"Pertemuan ini sangat krusial dalam menentukan masa depan Kabupaten Lingga, di mana kita semua berupaya untuk mengevaluasi dan menetapkan prioritas pembangunan yang tidak hanya berdampak pada generasi saat ini tetapi juga generasi mendatang," ungkap Drs. Zainal Abidin.

Ia juga menekankan pentingnya keterlibatan semua pihak dalam proses perencanaan untuk memastikan bahwa rencana yang disusun dapat diimplementasikan dengan efektif dan efisien, sekaligus responsif terhadap dinamika sosial, ekonomi, dan lingkungan yang terjadi.

Musrenbang RPJPD Kabupaten Lingga 2025-2045 diharapkan akan membuahkan hasil yang konstruktif dan membawa Kabupaten Lingga ke arah kemajuan yang lebih besar dengan dukungan penuh dari semua pihak yang terlibat.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews