Penjabat Walikota Ajak Warga Manfaatkan Program Unggulan, Ada Doktor on Call dan JKPB

Penjabat Walikota Ajak Warga Manfaatkan Program Unggulan, Ada Doktor on Call dan JKPB

Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru, Muflihun.

Pekanbaru, Batamnews - Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru, Muflihun mengajak seluruh warga untuk memanfaatkan secara optimal dua program unggulan di bidang kesehatan, yakni Kunjungan Rumah Masyarakat Hidup Sehat (Kurma Manis) atau doctor on call serta Jaminan Kesehatan Pekanbaru Bertuah (JKPB).

Dalam program doctor on call, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru menyediakan layanan kesehatan 24 jam. 

Warga yang mengalami kesulitan untuk datang langsung ke puskesmas, baik karena kendala transportasi atau kondisi fisik, dapat menghubungi puskesmas terdekat untuk mendapatkan pertolongan.

"Kami memahami bahwa ada situasi di mana warga kesulitan untuk mendapatkan akses ke fasilitas kesehatan. Oleh karena itu, dengan adanya program doctor on call ini, kami ingin memastikan bahwa semua warga dapat dengan mudah mengakses layanan kesehatan yang mereka butuhkan," ujar Muflihun kepada wartawan pada Selasa, 23 April 2024.

Baca juga: Tingkatkan Kewaspadaan! Kota Pekanbaru Diimbau Waspadai Ancaman Cuaca Ekstrem dan Kebakaran Lahan

Lebih lanjut, Muflihun menegaskan bahwa pemerintah siap bertindak jika ada laporan mengenai ketidakpuasan terhadap pelayanan di puskesmas. 

"Apabila ada keluhan terkait pelayanan di puskesmas, laporkan kepada kami. Kami akan segera mengambil tindakan yang diperlukan. Karena bagi kami, memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat adalah prioritas utama," tambahnya.

Selain itu, melalui program JKPB dengan skema Universal Health Coverage (UHC), warga Pekanbaru dapat mengakses pelayanan kesehatan secara gratis di fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. 

Cukup dengan menunjukkan Kartu Tanda Penduduk (KTP), warga dapat memanfaatkan layanan tersebut tanpa harus khawatir akan biaya. Muflihun menekankan bahwa kesehatan merupakan salah satu pelayanan dasar yang harus diprioritaskan oleh pemerintah. 

"Kesehatan adalah hak bagi semua warga, tanpa memandang suku, agama, atau status sosial. Oleh karena itu, kami berkomitmen untuk terus meningkatkan aksesibilitas dan kualitas layanan kesehatan bagi seluruh masyarakat Pekanbaru," tegasnya.

Untuk memastikan bahwa program-program kesehatan tersebut benar-benar dirasakan manfaatnya oleh warga, Muflihun juga meminta para camat, lurah, dan RT/RW untuk secara aktif mensosialisasikannya di lingkungan masing-masing. 

Baca juga: Pekanbaru Genjot Penertiban PJU Ilegal, Target Hemat Tagihan Listrik

"Kami telah menyediakan anggaran dalam APBD untuk program kesehatan ini, dan kami ingin memastikan bahwa semua warga dapat menikmati manfaatnya. Oleh karena itu, mari bersama-sama memastikan bahwa informasi tentang program-program kesehatan ini disampaikan dengan baik kepada seluruh warga," tutup Muflihun.

Sejak tahun 2023, Pemko Pekanbaru telah mengimplementasikan dua program prioritas di bidang kesehatan ini, sebagai bagian dari upaya untuk memastikan bahwa setiap warga mendapatkan akses pelayanan kesehatan yang mudah dan berkualitas.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews