Revitalisasi Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang dengan E-Ticketing untuk Kemudahan dan Kenyamanan Penumpang

Revitalisasi Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang dengan E-Ticketing untuk Kemudahan dan Kenyamanan Penumpang

Kapal antar pulau di Pelabuhan Jagoh, Dabo Singkep yang masih menggunakan tiket manual.

Tanjungpinang, Batamnews - Pemberlakuan sistem E-Ticketing di Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang menjadi langkah terbaru dalam upaya digitalisasi yang dilakukan oleh PT. Pelabuhan Indonesia (Pelindo) Cabang Tanjungpinang. 

General Manager PT. Pelindo Cabang Tanjungpinang, Darwis, menegaskan pentingnya kesempurnaan dalam penerapan E-Ticketing sebagai bagian dari upaya dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

"Digitalisasi merupakan sesuatu yang tidak boleh dicoba-coba. Oleh karena itu, Pelindo harus memastikan penerapan E-Ticketing ini berjalan dengan sempurna," ujar Darwis.

Bersama Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjungpinang, Pelindo masih melakukan verifikasi mendalam guna memastikan bahwa sistem E-Ticketing yang diterapkan dapat diakses melalui berbagai media.

Baca juga: Kebakaran Siang Tadi Menghanguskan Tiga Rumah di Jalan MT Haryono Tanjungpinang

"Pelindo sangat mendukung upaya digitalisasi ini. Kami telah menyiapkan perangkat baru berupa aplikasi P-Tos R yang dapat menyinkronkan beberapa aplikator penjualan tiket online yang terhubung dengan Pelindo," tambah Darwis.

Darwis juga menjelaskan bahwa tujuan dari penerapan E-Ticketing adalah untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat. Dengan menggunakan aplikasi ini, pembelian tiket dapat dilakukan dengan cepat dan tanpa ribet.

"E-Ticketing diciptakan agar masyarakat tidak merasa kesulitan. Dalam hitungan menit saja, mereka dapat membeli tiket dengan bantuan aplikasi ini," jelasnya.

Lebih lanjut, Darwis menekankan bahwa penggunaan E-Ticketing juga akan membiasakan masyarakat untuk menggunakan layanan secara digital, sehingga tidak perlu lagi mengantri atau menunggu lama di pelabuhan.

Sementara itu, dalam menyambut musim mudik Lebaran Idul Fitri 2024 dengan tema "Mudik Ceria Penuh Makna", PT Pelindo berkolaborasi dengan instansi terkait untuk memastikan kelancaran dan kenyamanan perjalanan laut bagi masyarakat.

Baca juga: Dua Kebakaran Terjadi dalam Waktu 24 Jam di Kota Tanjungpinang, Rumah Tua dan Toko Sembako Hangus Terbakar

"Kami berkomitmen untuk mendukung kelancaran dan kenyamanan mudik lebaran tahun ini di Pelabuhan SBP Tanjungpinang," ungkap Darwis.

R. Fulltimer. H, dari Corporate Communication Pelindo Tanjungpinang, juga menambahkan bahwa kerja sama antara Pelindo dan stakeholder terkait, seperti Pemerintah Daerah (Pemda), Kantor Imigrasi, Kepolisian, dan TNI, sangat penting dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

"Media atau pers juga memiliki peran yang sangat penting dalam menyampaikan informasi yang baik dan mendidik kepada masyarakat. Kami mengapresiasi peran mereka dalam menyebarkan berita positif bagi bangsa dan negara," tandas R. Fulltimer. H.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews