Ombudsman Pantau Persiapan Mudik Lebaran 2024 di Pelabuhan Pelni Batu Ampar dan Bandara Hang Nadim

Ombudsman Pantau Persiapan Mudik Lebaran 2024 di Pelabuhan Pelni Batu Ampar dan Bandara Hang Nadim

Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Kepri, Lagat Siadari, bersama Keasistenan Pencegahan Maladministrasi, mengawasi langsung persiapan Arus Mudik.

Batam, Batamnews - Ombudsman RI Perwakilan Kepulauan Riau (Kepri) telah melaksanakan pemantauan terhadap persiapan arus mudik Lebaran Idul Fitri Tahun 2024 di Pelabuhan Pelni Batu Ampar serta Bandara Hang Nadim / Bandara Internasional Batam (BIB.

Pemantauan ini dilakukan sebagai bagian dari upaya rutin Ombudsman untuk memastikan pelayanan yang baik bagi masyarakat yang melakukan mudik. Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Kepri, Lagat Siadari, bersama Keasistenan Pencegahan Maladministrasi, mengawasi langsung persiapan di kedua lokasi tersebut.

Di Pelabuhan Pelni Batu Ampar, Lagat mengungkapkan bahwa tidak ada perubahan signifikan dari catatan yang sebelumnya telah disampaikan oleh Ombudsman RI Perwakilan Kepri kepada pengelola pelabuhan, yaitu BP Batam, pada tahun sebelumnya.

“Meskipun pelabuhan ini tidak dirancang khusus untuk penumpang dan tidak memenuhi standar pelayanan minimal sesuai dengan Kementerian Perhubungan, namun kami menekankan pentingnya pemenuhan sarana prasarana yang nyaman untuk mengurangi penderitaan masyarakat,” ujar Lagat.

Baca juga: Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam Memastikan Pelayanan Kesehatan Tetap Berjalan Selama Libur Lebaran 2024

Salah satu catatan yang disoroti oleh Ombudsman adalah perlunya penambahan tenda dan pendingin untuk ruang tunggu, serta penambahan toilet portable.

“Dengan cuaca yang panas saat ini, terutama saat masyarakat sedang berpuasa, kami melihat bahwa beberapa bagian ruangan tidak bertenda dan kurangnya pendingin ruangan membuat masyarakat merasa tidak nyaman dan kepanasan, terutama yang membawa bayi. Selain itu, jumlah toilet portable juga dirasa masih kurang untuk melayani jumlah penumpang yang meningkat,” jelas Lagat.

Meskipun demikian, Ombudsman mengapresiasi ketersediaan klinik dengan 10 personel kesehatan dan 2 mobil ambulance, serta pelayanan bea cukai dan x-ray yang berfungsi dengan baik.

“Kami berharap bahwa BP Batam dapat segera melengkapi sarana prasarana yang kami anggap mendesak agar masyarakat dapat merasa nyaman,” tambahnya.

Sementara itu, dalam pemantauan di Bandara Hang Nadim / BIB, Ombudsman tidak menemukan catatan yang signifikan.

“Hanya ada proses renovasi yang sedang berlangsung, namun diharapkan tidak mengganggu mobilitas penumpang,” ucap Lagat.

Baca juga: BP Batam Salurkan 94 Paket Sembako Untuk Masyarakat Rempang

Ombudsman meminta kepada PT BIB sebagai pengelola bandara untuk melakukan koordinasi yang baik dengan instansi terkait di Bandara Hang Nadim untuk memastikan pelayanan yang baik.

“Pelayanan di bandara ini harus bertaraf internasional, meskipun untuk penerbangan domestik. Kualitas layanan akan mencerminkan reputasi bandara,” tutup Lagat.

Pemantauan yang dilakukan oleh Ombudsman ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan kualitas pelayanan dan kenyamanan bagi masyarakat yang akan melakukan mudik pada musim Lebaran tahun ini.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews