Usaha Tanaman Hias Menjanjikan di Batam, Kreasi Pot Handmade Jadi Daya Tarik

Usaha Tanaman Hias Menjanjikan di Batam, Kreasi Pot Handmade Jadi Daya Tarik

Susino (46), yang menjalankan bisnis tanaman hias sejak 2016 di Bengkong Nusantara, Sadai, Kecamatan Bengkong, Kota Batam, Kepulauan Riau. (Foto: Keassy/Batamnews)

Batam, Batamnews - Di tengah maraknya hobi merawat tanaman hias, usaha tanaman hias menjadi bisnis yang menguntungkan di Batam. 

Salah satu sosok yang berhasil menggeluti usaha ini adalah Susino (46), yang menjalankan bisnis tanaman hias sejak 2016 di Bengkong Nusantara, Sadai, Kecamatan Bengkong, Kota Batam, Kepulauan Riau.

Susino, yang sebelumnya berjualan di Imperium selama 5 tahun, kini mengembangkan usahanya dengan membuat pot handmade yang menarik. 

Baca juga: Jualan Es Doger, Pria di Batam Ini Raup Cuan Nyaris Rp1 Juta per Hari

"Kalau bikin sendiri bisa kira-kira harganya jual sekian dapat sekian. Ini semua potnya buat sendiri, bahan materialnya dari semen dan pasir. Kisaran harga dari Rp30.000, Rp50.000 dan Rp100.000," ungkap Susino.

Kebun mini yang ia ciptakan bukan hanya sekadar hobi, tetapi sebagai usaha yang menjanjikan. Semakin banyak orang yang tertarik untuk mempercantik rumah atau kantor mereka dengan tanaman hias, sehingga permintaan pun meningkat. 

"Sebagian tanaman ini saya yang tanam, di taman ini," kata Susino.

Baca juga: Pisang, Buah yang Direkomendasikan untuk Sahur dan Berbuka Puasa

Dengan keahlian dalam menciptakan pot unik dan menarik, Susino berhasil menarik perhatian para penggemar tanaman hias. Kreativitas dalam mendesain pot dan pengetahuan tentang tanaman hias yang baik membantu Susino membangun usahanya sendiri dan memberikan nilai tambah bagi para pecinta tanaman hias di sekitarnya.

Usaha tanaman hias ini juga berpotensi memberikan dampak positif terhadap lingkungan sekitar dengan meningkatkan kesadaran akan pentingnya keberlanjutan dan keindahan alam.

Penulis: Keassy Simanjuntak
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews