Sekda Karimun Imbau Masyarakat Hati-hati saat Lakukan Pembakaran Lahan

Sekda Karimun Imbau Masyarakat Hati-hati saat Lakukan Pembakaran Lahan

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Karimun, Muhammad Firmansyah. (Foto: Edo/Batamnews)

Karimun, Batamnews - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Karimun, Muhammad Firmansyah, mengimbau masyarakat untuk tidak sembarangan melakukan pembakaran lahan, terutama mengingat kondisi cuaca yang panas saat ini.

Pernyataan ini disampaikan Sekda Firman menyusul terjadinya beberapa kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau (Kepri), termasuk kebakaran yang menghanguskan bukit di wilayah Kecamatan Tebing.

"Kami atas nama Pemerintah Daerah Karimun, mengimbau pada seluruh masyarakat yang memiliki lahan atau kebun untuk tidak sembarangan melakukan pembakaran," ujar Sekda Firman pada Rabu, 20 Maret 2024 malam.

Sekda Firman juga mengingatkan bahwa dalam kondisi cuaca yang panas, api dapat dengan cepat membakar lahan yang mulai kering. Oleh karena itu, selain mengimbau untuk tidak melakukan pembakaran, masyarakat juga diminta untuk tidak membuang puntung rokok sembarangan, yang bisa menimbulkan kebakaran.

Baca juga: Pemkab Karimun Pastikan Tenaga Honorer Terima THR Idul Fitri 2024

"Diharapkan masyarakat tidak membakar sembarangan dan membuang puntung rokok sembarangan," tambahnya.

Sekda Firman menekankan bahwa jika masyarakat hendak melakukan pembakaran, mereka diharapkan untuk memperhatikan kondisi dan sisi keamanan. 

"Seandainya membakarpun, haruslah betul-betul diawasi dan dilihat dari sisi keamanannya, supaya tidak terjadi melebarnya akibat pembakaran yang berakibat terjadinya kebakaran dan dapat mengancam nyawa manusia," tegas Sekda Firman.

Pemerintah Daerah Karimun berharap agar tidak ada lagi kasus kebakaran lahan yang terjadi di wilayahnya, mengingat dampak negatif yang dapat ditimbulkan oleh kebakaran tersebut.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews