Hati-hati! Ada Tanah Amblas dan Longsor di Jembatan Teluk Sungkai Riau

Hati-hati! Ada Tanah Amblas dan Longsor di Jembatan Teluk Sungkai Riau

Jembatan Teluk Sungkai yang menghubungkan Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) dengan Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) mengalami insiden tanah amblas dan longsor pada Sabtu, 16 Maret 2024 kemarin. (Foto: istimewa)

Pekanbaru, Batamnews - Jembatan Teluk Sungkai yang menghubungkan Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) dengan Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) mengalami insiden tanah amblas dan longsor pada Sabtu, 16 Maret 2024 kemarin. Kondisi tersebut membuat jembatan penghubung dua kabupaten di Riau tersebut turun dan berlubang.

Penjabat Gubernur Riau, SF Hariyanto, langsung merespons insiden tersebut dengan menginstruksikan Unit Pelaksana Teknis Jalan dan Jembatan (UPTJJ) wilayah IV, Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perumahan Kawasan Pemukiman Pertanahan (PUPR-PKPP) untuk segera turun ke lokasi.

"Laporan yang saya terima hingga saat ini tim dari UPT Jalan dan Jembatan Wilayah IV masih bekerja melakukan penanganan," ujar Pj Gubri kepada wartawan, Senin, 18 Maret 2024.

Baca juga: Safari Ramadan 1445 Hijriah: Bupati Nizar Keliling 13 Kecamatan di Lingga

Kepala UPTJJ wilayah IV Dinas PUPR PKPP Provinsi Riau, Ludfi Hardi, ST, MT, mengungkapkan bahwa pihaknya telah mendapat laporan adanya jalan amblas dan longsor di Jembatan Teluk Sungkai, Kuala Cenaku. Tim UPTJJ wilayah IV telah turun langsung mengawasi perbaikan jembatan di lokasi tersebut. 

Sebagai langkah pencegahan, pihaknya telah memasang rambu-rambu peringatan agar pengguna jalan yang melintas berhati-hati. Perbaikan jembatan juga dibantu oleh pihak swasta dari PT. Naga Mas, perusahaan setempat.

"Untuk saat ini kita sudah melakukan penanganan sementara dengan menggunakan sand bag dan kayu cerucuk. Kalau tidak ada kendala kita targetkan bisa selesai hari ini perbaikan agar jalan tersebut dapat fungsional dengan baik," imbuh Ludfi, yang akrab disapa Ucok.

Ucok juga menyebutkan bahwa UPTJJ wilayah IV Dinas PUPR PKPP Provinsi Riau sudah berkoordinasi dengan Kasatlantas Polres Inhu untuk membantu mengatur lalu lintas, mengingat pengguna jalan yang melintas didominasi oleh truk angkutan batu bara dan CPO.

Baca juga: WNA Inggris Ditemukan Meninggal di Perumahan Nagoya Park Batam

Pj Gubri SF Hariyanto memberikan atensi khusus atas kejadian ini dan memberikan apresiasi kepada jajaran Polres Inhu, Tim UPTJJ wilayah IV Dinas PUPR PKPP Riau, dan pihak swasta yang telah turut membantu di lokasi.

"Hingga malam ini tim kita masih berjibaku menangani perbaikan abutmen Jembatan Teluk Sungkai. Kejadian ini menjadi atensi Pak Pj Gubernur Riau. Kami terus menyampaikan laporan kepada beliau dan Pak Gubernur memberikan apresiasi kepada seluruh petugas di lokasi," pungkas Ucok.

Peristiwa tanah amblas dan longsor di Jembatan Teluk Sungkai menunjukkan pentingnya respons cepat dan koordinasi yang baik antara pemerintah dan pihak swasta dalam mengatasi bencana infrastruktur. Hal ini penting untuk memastikan keselamatan dan kelancaran lalu lintas di wilayah tersebut.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews