Dinsos-PPPA Lingga Luncurkan Puspaga, Langkah Inovatif Tekan Kekerasan Anak dan Keluarga

Dinsos-PPPA Lingga Luncurkan Puspaga, Langkah Inovatif Tekan Kekerasan Anak dan Keluarga

Kepala Dinas Sosial PPPA Kabupaten Lingga, Muhammad Arief. (Foto: istimewa)

Lingga, Batamnews - Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Kabupaten Lingga mengambil langkah inovatif dalam upaya menekan tindak kekerasan terhadap anak dan keluarga dengan meluncurkan Pusat Pembelajaran Keluarga “Bunda Tanah Melayu” atau Puspaga. 

Puspaga diharapkan menjadi wadah pembelajaran bagi keluarga dan masyarakat untuk meningkatkan kapasitasnya sebagai pasangan harmonis serta mampu mendukung tumbuh kembang anak melalui pola asuh yang berperspektif hak anak.

Puspaga Bunda Tanah Melayu menyediakan layanan psiko-edukasi dan konseling yang berfokus pada peningkatan kapasitas keluarga dengan berbasis pada pemenuhan hak dan perlindungan anak. Inisiatif ini merupakan bagian dari upaya Pemerintah Kabupaten Lingga untuk meningkatkan kualitas keluarga dengan menguatkan peran orang tua.

Baca juga: Suara Masyarakat Lingga Gagal Bantu Nyat Kadir Pertahankan Kursi DPR RI

Kepala Dinas Sosial PPPA Kabupaten Lingga, Muhammad Arief, S.K.M, M.Si, menjelaskan bahwa terbentuknya Puspaga Bunda Tanah Melayu merupakan salah satu terobosan dan inovasi untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas kehidupan keluarga. 

“Layanan Puspaga Bunda Tanah Melayu merupakan layanan pencegahan yang fokus pada edukasi kesehatan, psikologis dan pengasuhan berbasis hak anak,” ujar Muhammad Arief kepada Batamnews, Jumat, 15 Maret 2024.

Layanan yang disediakan oleh Puspaga Bunda Tanah Melayu meliputi informasi terkait ketahanan keluarga, rumah tangga, pengasuhan, dan masalah lain seputar keluarga. Muhammad Arief menambahkan bahwa layanan ini sangat penting karena tidak hanya fokus pada kesehatan fisik tetapi juga kesehatan mental keluarga.

Baca juga: Gagal ke Senayan, Berikut Perolehan Suara Mantan Bupati Lingga di 7 Kabupaten/Kota se-Kepri

Puspaga Bunda Tanah Melayu menjamin kerahasiaan setiap pelayanan yang diberikan. Masyarakat Kabupaten Lingga yang membutuhkan konsultasi, bimbingan, dan konseling terkait masalah anak dan keluarga diundang untuk datang ke Kantor Puspaga Bunda Tanah Melayu yang berlokasi di Jalan Sawin, Kelurahan Daik, Kecamatan Lingga setiap hari kerja.

"Dengan adanya Puspaga Bunda Tanah Melayu, diharapkan dapat membantu masyarakat Kabupaten Lingga dalam menghadapi masalah keluarga dan anak, serta mencegah terjadinya kekerasan dalam rumah tangga," pungkas Arief.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews