Masyarakat Kota Batam Keluhkan Lambatnya Proses Pelayanan Administrasi di Disdukcapil Sekupang

Masyarakat Kota Batam Keluhkan Lambatnya Proses Pelayanan Administrasi di Disdukcapil Sekupang

Warga mengantri di salah satu loket pelayanan Kantor Dukcapil Batam.

Batam, Batamnews - Masyarakat Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau terutama di Sekupang, mengeluhkan lambatnya proses pelayanan administrasi yang terjadi di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kecamatan Sekupang, Kota Batam, pada Rabu, 13 Maret 2024. 

Salah satu masyarakat, Astri, menyoroti masalah ini dan meminta pihak Disdukcapil untuk meningkatkan pelayanannya.

Astri, salah satu warga Kota Batam, mengungkapkan ketidakpuasannya atas lambatnya proses pelayanan di Disdukcapil. Ia mengalami kesulitan dengan proses pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) untuk anaknya yang tak kunjung selesai setelah hampir satu bulan.

Menurut Astri, masalah ini bukan hanya dialami oleh dirinya saja, namun juga banyak masyarakat lainnya yang mengalami hal serupa di Disdukcapil.

Baca juga: Penundaan Pengumuman Formasi PPPK 2024: BKD Riau Ungkap Alasan dan Prioritas Jabatan

“Lambat pelayanannya, om. KTP anak saya sudah hampir satu bulan, masih belum selesai. Bukan hanya saya, tapi banyak yang mengeluhkan hal ini,” ujar Astri di depan Kantor Disdukcapil.

Astri dan anaknya mengajukan pembuatan KTP di Disdukcapil sebulan yang lalu. Mereka dijanjikan akan diinformasikan melalui pesan WhatsApp saat KTP anaknya selesai.

Namun, setelah dua minggu berlalu, Astri kembali ke Disdukcapil untuk menanyakan status KTP anaknya. Namun, jawaban yang diterima hanya meminta untuk bersabar.

“Saya datang lagi setelah dua minggu, saya dari Batu Aji, menanyakan apakah sudah jadi atau belum. Petugasnya bilang, ‘tunggu saja dulu’,” ujarnya.

Hingga hampir satu bulan berlalu, Astri belum menerima kabar dari pihak Disdukcapil mengenai KTP anaknya. Astri hanya diminta untuk bersabar dan menunggu dari petugas yang berjaga.

Baca juga: Bang Long, Aktivis Bela Rempang, Beri Dukungan di Sidang Lanjutan Pengadilan Negeri Kota Batam

“Disuruh sabar, nunggu saja. Sudah hampir satu bulan, pelayanannya lambat. Niat saya biar anak saya punya KTP, untuk keperluan seperti SIM dan lain-lainnya,” tuturnya.

Astri berharap pelayanan di Disdukcapil Kota Batam ditingkatkan agar masalah seperti ini dapat segera terselesaikan tanpa harus menunggu waktu yang lama.

“Saya berharap pelayanan ditingkatkan agar tidak perlu menunggu lama. Lebih baik jika prosesnya cepat selesai,” pungkasnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews