Waspada, Lowongan Kerja McDermott Palsu Incar Korban

Waspada, Lowongan Kerja McDermott Palsu Incar Korban

Surat panggilan palsu. (Foto: Facebook/Lutfhi)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Hati-hati dengan info lowongan kerja palsu mengatasnamakan perusahaan besar di Batam, Kepulauan Riau. Seorang warga Batam nyaris tertipu setelah mendapat surat panggilan dari sebuah perusahaan bernama McDermott Indonesia yang berkantor di Jakarta.

Seperti diketahui selain di Jakarta, McDermott juga memiliki kantor dan lokasi produksi di Batam.

Pemberitahuan seleksi tes di perusahaan McDermott itu masuk ke emailnya dengan menggunakan akun [email protected].

Surat panggilan interview itu ditujukan kepada pria yang bernama Lutfhi Majid Panjaitan. Semula Lutfhi sempat percaya.

“Gan, ane dapat undangan dari PT McDermott untuk seleksi tapi ke Jakarta, biaya ditanggung McDermott, apakah ini penipuan?” kata dia memposting di media sosial sejumlah berkas panggilan kerja yang diduga palsu tersebut.

Menurut dia, semua ongkos peserta bakal ditanggung, namun dengan sistem reimbursement.

"Setelah tiba di Jakarta, pihak perusahaan akan mengganti segala akomodasi," ujar Lutfhi. 

Namun informasi yang ia posting di media sosial itu banyak mendapat tanggapan. Terutama soal adanya dugaan hal tersebut adalah penipuan.

Sejumlah orang yang mengetahui seluk beluk dalam melamar pekerjaan di McDermott bahkan yang mengaku bekerja di McDermott Batam curiga hal tersebut adalah penipuan.

Apalagi alamat McDermott yang di Batam ternyata banyak salah. Diantaranya McDermott yang beralamat di Batu Ampar, Jalan Todak itu justru disebutkan beralamat di Jalan Bawal, Nongsa (Batu Ampar), Sei Beduk, Batam Indonesia.

“Gue kerja di situ. Ini penipuan. McDermott langsung menelepon Anda suruh datang (interview) ke Batu Ampar,” ujar seorang netizen yang mengaku bekerja di McDermott.

Belum lagi akun email yang hanya menggunakan gmail. “Itu pake @gmail, 100 % palsu,” ujar lainnya.

“Wah ini bodong gan. Ane juga pernah dapat seperti ini kejadiannya. Sampai ane ladenin pake telpon telponan. Saya kerjain balik mereka. Dulu pernah seperti ini persis dengan menjual nama perusahaan Total. Intinya jangan percaya,” ujar seorang netizen di Batam.

Berdasarkan penelusuran batamnews.co.id, banyak kejanggalan dalam surat tersebut. Selain alamat, juga soal kop surat tampak janggal dan tidak rapi. Begitu juga tanda tangan HRD McDermott juga diduga dipalsukan sedemikian rupa.

Logo McDermot terlihat hanya comotan dari internet dan ditempel di surat tersebut. Kop surat yang digunakan juga terlihat asal-asalan. Padahal McDermot yang bergerak di bidang jasa konstruksi lepas pantai itu tergolong perusahaan asing bonafid yang sudah ada sejak puluhan tahun silam.

 

[snw]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews