Caleg Perempuan Ini Unggul Jauh Perolehan Suara di Pileg DPR RI Kepulauan Riau, Kalahkan Mantan Menteri hingga Mantan Gubernur Kepri

Caleg Perempuan Ini Unggul Jauh Perolehan Suara di Pileg DPR RI Kepulauan Riau, Kalahkan Mantan Menteri hingga Mantan Gubernur Kepri

Suryani, Caleg DPR RI dari PKS (Foto: Batamnews)

Kepulauan Riau, Batamnews - Dalam perhelatan Pemilihan Legislatif (Pileg) DPR RI 2024 untuk daerah pemilihan Kepulauan Riau, Suryani dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) berhasil menunjukkan performa yang mengesankan. Berdasarkan data terbaru per 28 Februari 2024, Suryani berhasil mengumpulkan total 18.005 suara, unggul jauh dari beberapa kandidat lain yang dianggap kuat.

Suryani melampaui suara Caleg dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Dr. H. M. Soerya Respationo, S.H., M.H.yang baru mengumpulkan total 15.630 suara. Disusul itu, H. Isdianto, S.Sos., M.M. dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan 12.533 suara. 

Baca juga: 

Nasib Perolehan Suara Ketua DPD Demokrat Kepri, Aneng, Menyedihkan di Pemilu... 

Dua sosok di atas, sudah tak asing lagi. Soerya pernah menjabat sebagai Wakil Gubernur Kepri, dan sekarang menjabat sebagai Ketua DPD PDIP Kepulauan Riau. Sedangkan Isdianto adalah mantan Gubernur Kepri. 

Kandidat lain seperti H. Huzrin Hood, S.H., M.H. dari PKB dan Dr. Asman Abnur, S.E., M.Si. dari Partai Amanat Nasional (PAN) juga tidak mampu menyaingi perolehan suara Suryani. Huzrin Hood mendapatkan 11.632 suara, sedangkan Asman Abnur mengumpulkan 10.174 suara. Asman Abnur selain petahana DPR RI ia juga seorang mantan seorang Menteri PAN-RB dan seorang pengusaha sukses dengan kekayaan ratusan miliar. 

Suryani merupakan Suryani, SE (lahir 28 Januari 1973) adalah seorang politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang pernah menjabat sebagai Anggota DPRD Kepulauan Riau 2006-2024 sebelum akhirnya mengundurkan diri untuk mengikuti Pemilihan umum Gubernur Kepulauan Riau 2020. Suryani maju sebagai Calon Wakil Gubernur Kepulauan Riau mendampingi Isdianto yang diusung oleh Partai Keadilan SejahteraPartai Hanura, dan Partai Demokrat.

Suryani dahulunya adalah seorang pekerja di Kawasan Industri di Mukakuning Batam sebelum terjun ke politik. Ia juga tercatat pernah menjadi seorang guru serta anggota DPRD Provinsi Kepri. Suryani aktif di berbagai kegiatan perempuan dan tergabung dalam organisasi perempuan di Kepri.

Baca juga:

Daftar Calon Anggota DPRD Terpilih Kabupaten Bintan 2024-2029, Hasil.... 

Keberhasilan Suryani dalam meraih suara terbanyak di daerah pemilihan Kepulauan Riau menunjukkan kekuatan dan pengaruh PKS di wilayah tersebut. Kinerja caleg-caleg lain dari berbagai partai politik juga patut diapresiasi, namun kali ini Suryani berhasil menonjol dan membuktikan diri sebagai pilihan utama warga Kepulauan Riau.

Namun sayang, suara yang didapatkan Suryani ini sepertinya tak mampu mengantarkanya ke kursi DPR RI di Senayan. Ia masih kalah suara partai dengan PDIP serta PKB. Kemungkinan kursi keempat akan diperebutkan antara Soerya Respationo dari PDIP atau Isdianto dari PKB. 

Baca juga: 

Pendukung Prabowo-Gibran Ultras Gemoy Kepri Siapkan Dukungan untuk Marlin dan Muhammad Rudi

Data perolehan suara sementara itu pada 28 Feb 2024 01:00 WIB masih menghiting sekitar 2840 TPS dari 5914 TPS serta suara yang masuk masih sekitar 48.02%.

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews