6 Fenomena Unik yang Hanya Ada di Bulan Ramadhan

6 Fenomena Unik yang Hanya Ada di Bulan Ramadhan

Ilustrasi berburu jajanan berbuka puasa.

Batam, Batamnews - Bulan suci Ramadhan bagi umat Muslim di seluruh dunia merupakan bulan penuh berkah dan keberkahan. Selain menjadi waktu untuk berpuasa dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari, Ramadhan juga membawa berbagai fenomena unik yang menjadi ciri khas dan dinantikan oleh banyak orang. 

Berikut ini adalah enam fenomena unik yang hanya terjadi di bulan Ramadhan:

1. Ngabuburit
Ngabuburit adalah aktivitas yang populer di kalangan umat Muslim untuk mengisi waktu menjelang berbuka puasa. Banyak yang memanfaatkan momen ini untuk berburu takjil di pasar atau bazar Ramadhan, berolahraga ringan, membaca Al-Qur'an, atau sekadar bersantai bersama tetangga di komplek perumahan.

2. Buka Bersama (Bukber)
Agenda buka bersama atau bukber menjadi momen spesial di bulan Ramadhan untuk berkumpul bersama keluarga, rekan kerja, atau teman-teman lama, seperti saat reuni SMA. Bukber sering dijadikan kesempatan untuk menjalin silaturahmi dan kebersamaan.

Baca juga: Pantai Rupat jadi Salah Satu Titik Rukyatul Hilal Ramadan 1445 Hijriah 

3. Perang Sarung
Di kalangan anak-anak, perang sarung menjadi kegiatan yang identik dengan bulan Ramadhan. Kegiatan ini biasanya dilakukan menjelang sahur, menggunakan sarung yang dilipat hingga berbentuk pecutan sebagai 'senjata'.

4. Bangunin Warga Sahur
Membangunkan warga untuk sahur merupakan tradisi yang masih terjaga di banyak daerah. Anak-anak muda sering terlibat dalam kegiatan ini, menggunakan alat seperti mikrofon masjid, kentongan, atau speaker untuk membangunkan warga sekitar.

5. Bazar Ramadhan
Bazar Ramadhan adalah pasar khusus yang hanya buka selama bulan Ramadhan. Bazar ini menjadi tempat yang ramai dan penuh semangat, di mana pelaku usaha UMKM bisa meningkatkan penghasilan mereka. Bazar Ramadhan juga berkontribusi pada peningkatan sektor ekonomi, khususnya bagi pelaku usaha kecil dan menengah.

Baca juga: Dua Lokasi ini Disiapkan jadi Kampung Ramadhan Tanjungpinang 2024

6. Mudik
Di penghujung Ramadhan, tradisi mudik menjadi agenda wajib bagi para perantau. Mudik dilakukan biasanya untuk kembali ke kampung halaman, bertemu sanak saudara, keluarga, dan orang tua. Para pemudik seringkali membawa atribut unik selama perjalanan mudik mereka.

Itulah enam fenomena unik yang muncul hanya di bulan Ramadhan, menambah warna dan keistimewaan bulan suci ini bagi umat Muslim di seluruh dunia.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews