TAGANA Kepri Gencar Promosikan Kesadaran Bencana Melalui Kunjungan ke Sekolah

TAGANA Kepri Gencar Promosikan Kesadaran Bencana Melalui Kunjungan ke Sekolah

Bunda TAGANA Provinsi Kepulauan Riau, Hj. Dewi Kumalasari Ansar membuka kegiatan sosialisasi.

Bintan, Batamnews - Dalam upaya meningkatkan kesadaran bencana di kalangan pelajar, Taruna Siaga Bencana (TAGANA) Provinsi Kepulauan Riau melakukan kunjungan dan sosialisasi ke SMK Negeri 1 Bintan Utara, Selasa (6/2). 

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Bunda TAGANA Provinsi Kepulauan Riau, Hj. Dewi Kumalasari Ansar ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, khususnya generasi muda, dalam menghadapi potensi bencana alam yang dapat terjadi di wilayah mereka.

Dalam kunjungan tersebut, para anggota TAGANA memberikan pengetahuan dan keterampilan dasar kepada siswa-siswi tentang langkah-langkah yang harus diambil dalam mengantisipasi dan merespons bencana, termasuk evakuasi, pertolongan pertama dan upaya pemulihan. 

Siswa-siswi yang mengikuti kegiatan ini juga diberikan kesempatan untuk berpartisipasi dalam simulasi evakuasi dan pertolongan pertama, yang dipandu oleh para anggota TAGANA yang berpengalaman.

"Kami harapkan kegiatan ini dapat membekali generasi muda dengan pengetahuan yang praktis dan mempersiapkan mereka untuk bertindak dalam situasi darurat dan dapat meningkatkan pemahaman mereka tentang tindakan yang harus diambil dalam situasi darurat," kata Dewi Ansar saat resmi membuka kegiatan ini.

Dewi Ansar juga menjelaskan kunjungan dan sosialisasi TAGANA ke sekolah-sekolah di Kabupaten Bintan ini merupakan bagian dari upaya lebih luas untuk membangun kesadaran dan kesiapsiagaan bencana di seluruh wilayah Bintan. Melalui kolaborasi antara pemerintah, organisasi relawan dan masyarakat, diharapkan dapat diciptakan lingkungan yang lebih aman dan tangguh dalam menghadapi bencana.

"Kami berkomitmen untuk meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana alam. Melalui kunjungan ke SMK Negeri 1 Bintan Utara ini, kami ingin menyadarkan generasi muda akan pentingnya persiapan dan respons cepat dalam menghadapi bencana," ujarnya.

Sementara itu, Ketua TAGANA Kepri Boby Wahyudi menyatakan komitmennya untuk meningkatkan pemahaman masyarakat, khususnya generasi muda, tentang bencana dan kesiapsiagaan. Melalui kunjungan ini juga, ia berharap dapat menciptakan lingkungan yang lebih aman dan tangguh di tengah ancaman bencana.

"Semua pihak, termasuk pemerintah daerah, sekolah, dan masyarakat, diharapkan dapat mendukung upaya ini demi menciptakan lingkungan yang lebih aman dan tangguh di Provinsi Kepulauan Riau khususnya di Kabupaten Bintan," imbuhnya. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews