Tagana Kepri Peringati Ulang Tahun ke-19 dengan Apel Siaga Penanggulangan Bencana

Tagana Kepri Peringati Ulang Tahun ke-19 dengan Apel Siaga Penanggulangan Bencana

Gubernur Kepri Ansar Ahmad bersama Ketua PKK Kepri di Apel Siaga Bencana

Tanjungpinang, Batamnews - Gubernur Kepulauan Riau, H. Ansar Ahmad, menjadi Inspektur Upacara pada Apel Siaga Penanggulangan Bencana yang diselenggarakan sekaligus merayakan Ulang Tahun ke-19 Tagana Tingkat Provinsi Kepulauan Riau. Acara tersebut berlangsung di Lapangan Apel, Kantor Gubernur Kepri, Dompak, Tanjungpinang, pada Selasa (01/08).

Dalam amanatnya, Gubernur Ansar menyampaikan bahwa tidak ada tempat di dunia ini yang dijamin 100 persen bebas dari ancaman bencana, termasuk wilayah Kepulauan Riau. Wilayah Kepulauan Riau yang sebagian besar terdiri dari lautan (96 persen) menjadikannya rentan terhadap berbagai bencana seperti puting beliung/angin kencang, gelombang pasang dengan cuaca ekstrim, banjir, abrasi pantai, longsor, dan sambaran petir.

Baca juga : Praperadilan Ditolak, Tersangka Pengeroyokan di Batam ISN dan As Tetap Ditahan

Menyikapi potensi ancaman bencana yang ada, Gubernur Ansar mengajak semua unsur untuk selalu waspada dan tanggap menghadapi kemungkinan bencana yang dapat terjadi kapan saja. Ia juga mengingatkan contoh bencana yang baru-baru ini terjadi di berbagai pulau di Provinsi Kepulauan Riau, seperti bencana tanah longsor di Pulau Serasan Kabupaten Natuna, bencana puting beliung di Pulau Kasu, kebakaran di Pulau Buluh Kota Batam, dan kebakaran di Pulau Tambelan Kabupaten Bintan.

Dalam konteks ini, Gubernur Ansar menekankan pentingnya menyusun rencana penanggulangan bencana yang baik dan terpadu mulai dari pra bencana, saat terjadinya bencana atau tanggap darurat, hingga pasca bencana.

Gubernur Ansar juga memberikan ucapan selamat kepada Tagana Indonesia yang baru saja merayakan hari ulang tahunnya yang ke-19 tahun pada tanggal 24 Maret lalu. Ia menyatakan bahwa seperti manusia yang sudah dewasa, Tagana diharapkan terus memegang teguh jati dirinya yaitu: "one command, one rule, one corp". Gubernur juga mengimbau Tagana untuk terus memberikan edukasi kebencanaan kepada masyarakat guna mengurangi risiko bencana dan meningkatkan penanganan bencana secara lebih baik.

Baca juga : Misteri Kasus Seorang Perempuan Tewas Gantung Diri di Bengkalis Terungkap, Ternyata Dibunuh Suami

Pada acara Apel Siaga Penanggulangan Bencana tersebut, Gubernur Ansar turut menyerahkan Bantuan Sosial Tanah Longsor di Kelurahan Batu IX dan Kelurahan Pinang Kencana Kecamatan Tanjungpinang Timur Kota Tanjungpinang, dengan total bantuan senilai Rp. 42.500.000,-. Bantuan tersebut diberikan kepada Mochamad Arianto dari Kelurahan Batu IX sebesar Rp. 5.000.000,-, Ratniati dari Kelurahan Batu IX sebesar Rp. 25.000.000,-, dan Agusri dari Kelurahan Pinang Kencana sebesar Rp. 12.500.000,-.

Turut hadir dalam acara tersebut Bunda Tagana Kepri, Hj. Dewi Kumalasari, Tim Percepatan Pembangunan Kepri, beberapa Kepala dan Perwakilan OPD Kepri, Plt. Ketua Tagana Kepri Bobby Wahyudi, Perwakilan Karang Taruna, serta Siswa-Siswi SMAN 2 Tanjungpinang. Semua pihak yang hadir diharapkan dapat bersinergi dalam upaya penanggulangan bencana dan kesiapsiagaan di wilayah Provinsi Kepulauan Riau.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews