Kecamatan Selayar Tuan Rumah MTQ X Kabupaten Lingga, Digelar Awal Maret 2024

Kecamatan Selayar Tuan Rumah MTQ X Kabupaten Lingga, Digelar Awal Maret 2024

Muhammad Nuur, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat di Sekretariat Daerah Lingga. (Foto: istimewa)

Lingga, Batamnews - Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau (Kepri) bersiap menyelenggarakan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) X tingkat Kabupaten pada awal Maret 2024, menjelang bulan suci Ramadhan. 

Muhammad Nuur, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat di Sekretariat Daerah Lingga, menginformasikan bahwa untuk lokasi pelaksanaan MTQ tahun ini yaitu Kecamatan Selayar.

"Insya Allah, berdasarkan hasil rapat persiapan MTQH X tingkat Kabupaten Lingga, dilaksanakan pada awal Maret, atau sebelum bulan puasa," kata dia kepada Batamnews, kemarin.

Baca juga: Kemenag Kepri Berikan Wajah Baru untuk Pendidikan di Lingga, Gedung MTsN Kini Megah

Penyelenggaraan MTQ ini strategis mengingat waktu pendaftaran peserta, persiapan, dan pelaksanaan MTQ di tingkat Provinsi Kepri yang direncanakan pada bulan Mei. 

"Untuk desa dan kelurahan, dijadwalkan waktunya Desember sampai Januari. Sedangkan MTQ tingkat Kecamatan, dari Januari sampai Februari," tutur dia.

Sebagaimana diketahui, sebelum pelaksanaan di tingkat kabupaten, event terlebih dulu akan dilaksanakan di tingkat kecamatan. Ada 13 kecamatan di Kabupaten Lingga yang akan melaksanakan event tersebut. 

Baca juga: Musrenbang Lingga Utara 2024: Integrasi Ekonomi, SDM, dan Nilai Agama

"Kami berharap semua kegiatan dari tingkat kecamatan hingga kabupaten dapat berjalan lancar dan sukses," harap Nuur.

MTQ merupakan event penting dalam kalender tahunan Kabupaten Lingga, tidak hanya sebagai ajang kompetisi tilawah Al-Qur'an, tapi juga sebagai sarana memperkuat nilai-nilai keislaman dan kebersamaan umat.

Event MTQ ini diharapkan tidak hanya menjadi ajang persaingan yang sehat, tapi juga menjadi momentum untuk meningkatkan pemahaman dan cinta terhadap Al-Qur'an di kalangan masyarakat Kabupaten Lingga.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews