Ini Pernyataan Kadispen AL Soal Kapal Selam Amerika Dekati Perairan Nongsa

Ini Pernyataan Kadispen AL Soal Kapal Selam Amerika Dekati Perairan Nongsa

Kapal selam USS Tucson SSN 770. (foto: ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Sebuah kapal selam Amerika Serikat, USS Tucson SSN 770 terekam radar mendekati perairan Nongsa pada Kamis, 28 Januari 2016 lalu. Helikopter TNI AL pun langsung melakukan misi pengintaian sekaligus memastikan kapal selam itu tidak masuk ke perairan Indonesia.

Setelah terdeteksi radar, tim reaksi cepat Western Fleet Quick Response (WFQR) TNI AL mendapatkan perintah untuk mencari keberadaan kapal selam USS Tucson SSN 770 dan membayanginya agar tidak memasuki perairan Indonesia.

Perintah pencarian dilanjutkan dengan misi membayangi atau shadowing hingga kapal selam tersebut mengarah ke perairan Matak dan mendekati perairan Singapura. Setelah hampir dua jam membayangi kapal selam itupun menjauhi perairan Indonesia.

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut (Kadispenal) Laksamana Pertama M Zainudin menepis anggapan bahwa pesawat udara TNI AL melakukan pengawalan terhadap kapal selam Amerika Serikat di Selat Malaka. Ia menyebut, helikopter hanya membayang-bayangi atau shadowing saja untuk menyakinkan kapal asing tidak melanggar batas perairan.

"Pemberitaan pesawat udara TNI AL mengawal kapal selam Amerika di Selat Malaka merupakan info yang tidak benar, seluruh pengguna laut termasuk kapal selam memiliki hak yang sama untuk menggunakan hak lintas transit. Kapal selam Amerika tidak akan melaksanakan operasi di perairan dangkal seperti Selat Malaka. Hanya lintas transit saja tidak menyelam," ujarnya kepada wartawan di Jakarta, Kamis (4/2/2016).

Untuk itu, helikopter hanya membayang-bayangi atau shadowing saja untuk menyakinkan kapal asing tidak melanggar batas perairan. "Jadi tidak ada masalah, kita hanya membayangi-bayangi jangan sampai melanggar lintas transit. Soal di jamming kami tidak tahu, belum ada laporan. Tapi memang setiap kapal perang memiliki electronic counter measures, untuk mengukur kemampuan lawan berapa," jelasnya.

(ind/bbs)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews