WAH! Kapal Selam Amerika Tertangkap Radar di Perairan Nongsa Batam

WAH! Kapal Selam Amerika Tertangkap Radar di Perairan Nongsa Batam

Kapal USS Tucson SSN 770 terekam radar milik TNI AL. (foto: ist/net)


BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Diam-diam hampir terjadi insiden yang bisa berujung saling tembak di perairan Nongsa, Batam, Kepulauan Riau. Kapal selam Amerika Serikat, USS Tucson SSN 770 terekam radar milik TNI AL mendekati perairan Nongsa pada Kamis, 28 Januari 2016 lalu.

TNI AL yang menangkap pergerakan kapal selam tersebut kemudian memerintahkan Helikopter BO 105 nomor lambung NV-408 milik Wing Udara 2 Pusat Penerbangan TNI AL yang bermarkas di Tanjungpinang untuk mencari dan membayangi kapal selam itu.

Tim reaksi cepat Western Fleet Quick Response (WFQR) TNI AL mendapatkan perintah untuk mencari keberadaan kapal selam USS Tucson SSN 770 dan membayanginya agar tidak memasuki perairan Indonesia.

Helikopter jenis bolkow yang dipiloti Kapten Laut (P) S Hayat dan Lettu Laut (P) Asgar Serli segera terbang menuju wilayah perairan Nongsa, Batam. Lokasi tersebut merupakan titik mula kapal selam tertangkap radar.

Pencarian membuahkan hasil dan secara visual dapat terlihat USS Tucson berada di perairan internasional, namun berdekatan dengan perairan Indonesia.

(ind/bbs/sindonews)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews