Pesawat Tempur TNI AU Bermanuver di Langit Natuna, Ada Apa?

Pesawat Tempur TNI AU Bermanuver di Langit Natuna, Ada Apa?

BATAMNEWS.CO.ID, Natuna - Pihak TNI tampak serius dalam peningkatan pengamanan teritorial wilayah Natuna saat ini. Intensitas latihan maupun peningkatan kekuatan militer di lokasi terluar ujung utara Indonesia bagian barat ini tampak lebih tinggi.

Bahkan pada pekan depan, rencananya bakal ada latihan pertahanan udara oleh TNI AU yang melibatkan jet tempur seperti Hawk hingga Sukhoi dan pesawat udara jenis lainnya.

Kepala Penerangan dan Perpusatakaan (Pentak) Lanud Ranai, Letda (sus) Iman Sukirman menjelaskan, jika hal tersebut hanya latihan rutin.

"Iya memang rencananya ada latihan udara. Ya seperti biasa, melibatkan pesawat tempur. Tapi itu latihan rutin saja," kata Iman, Jumat (5/1/2016).

Menurutnya pesawat jet tempur canggih jenis Sukhoi juga akan ikut latihan di wilayah Natuna. "Kalau Sukhoi, mungkin beberapa pekan setelah latihan pertama," ujar dia.

Jet Sukhoi terakhir bermanuver rendah di wilayah Natuna pada tahun lalu saat pergelaran Latihan Angkasa Yudha 2013.

Jet-jet jenis Hawk yang lebih sering selama ini latihan di Natuna dan kerap menjadi tontonan warga.

Bahkan beberapa pekan lalu pesawat tempur taktis Super Tuccano yang melakukan latihan selama beberapa hari.

Rabu (3/2/2016) lalu Panglima Komando Perhananan Udara Nasional (Kohanudnas), Marsda TNI Abd. Muis juga memantau kesiapan peralatan radar di Satrad 212 Ranai.

Keberadaan Satuan radar ini sangat vital di wilayah terdepan NKRI ini.

 
[fox]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews