KPU Lingga Mulai Sortir dan Pelipatan 383 Ribu Surat Suara Pemilu 2024

KPU Lingga Mulai Sortir dan Pelipatan 383 Ribu Surat Suara Pemilu 2024

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lingga, memulai proses penyortiran dan pelipatan surat suara untuk Pemilu 2024. (Foto: istimewa)

Lingga, Batamnews - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lingga, memulai proses penyortiran dan pelipatan surat suara untuk Pemilu 2024. Kegiatan ini dilaksanakan di gudang logistik KPU Daik Lingga, mulai Kamis, 4 Januari 2024, dengan melibatkan 57 orang pelipat surat suara.

Ketua KPU Kabupaten Lingga, Ardhi Auliya, menyampaikan bahwa total surat suara yang akan dilipat mencapai 383.815 lembar, yang mencakup lima jenis pemilihan. 

"Hari ini kami resmi memulai kegiatan sortir lipat surat suara Pemilu 2024 di gudang. Jumlah pelipat yang ditugaskan sebanyak 57 orang," kata Ardhi, disela kegiatan.

Baca juga: Polindes Kote Sakti di Lingga Gelar Family Gathering Rajut Kedekatan dengan Masyarakat Desa Kote

Kegiatan ini diharapkan selesai dalam waktu 10 hari, untuk kemudian dilanjutkan dengan proses pengepakan dan distribusi ke 357 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di wilayah tersebut.

Petugas sortir lipat lanjut Ardhi, telah dilakukan skrining oleh KPU Lingga. Hal tersebut guna memastikan semua petugas bebas dari konflik kepentingan dengan seluruh peserta pemilu.

"Kami pastikan semua petugas pelipat bebas dari kepentingan politik seluruh peserta pemilu. Mereka wajib netral dan tidak memihak selama bertugas," ungkapnya.

Ardhi menjelaskan, proses sortir dan melipat surat suara dilengkapi dengan standar prosedur sesuai regulasinya. Para pelipat juga diawasi oleh internal KPU dan Bawaslu serta pihak kepolisian.

Baca juga: MUI dan Ormas Islam Distribusikan Sembako untuk Muallaf Suku KAT di Lingga

"Prosesnya sesuai SOP. Jadi diatur mulai dari petugas masuk sampai dengan keluar. Spesifikasi lipatan juga dipantau secara kualitas. Kami ada pengawas internal. Bawaslu dan Kepolisian juga mendampingi. Jadi aman pastinya," tuturnya.

Dia mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah terlibat dalam kelancaran proses sortir lipat surat suara Pemilu tersebut.

"Terimakasih, khususnya kepada Bawaslu, Kepolisian dan Pemda yang telah membersamai KPU untuk memastikan tahapan ini berjalan lancar," tutupnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews