Terobosan Gubernur Ansar di Sektor Kesehatan, dari Rumah Singgah hingga RS Jiwa Modern

Terobosan Gubernur Ansar di Sektor Kesehatan, dari Rumah Singgah hingga RS Jiwa Modern

Gubernur Kepri, Ansar Ahmad saat berkunjung ke Kecamatan Durai, Kabupaten Karimun, pada Rabu, 20 Desember 2023.

Karimun, Batamnews - Pemerintah Daerah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) terus mengembangkan infrastruktur kesehatan bagi masyarakatnya. 

Gubernur Kepri, Ansar Ahmad, menyampaikan progres pembangunan fasilitas kesehatan ini saat berkunjung ke Kecamatan Durai, Kabupaten Karimun, pada Rabu, 20 Desember 2023.

Salah satu terobosan yang dibahas oleh Gubernur Ansar adalah penyediaan rumah singgah di Jakarta dan Sekupang, Kota Batam, untuk membantu masyarakat Kepri yang berobat ke luar daerah. 

“Kita punya rumah singgah, bagi yang berobat bisa manfaatkan rumah singgah itu untuk tinggal dan tentunya menghemat biaya, kita punya di Jakarta dan di Sekupang Batam,” kata Gubernur Ansar.

Baca juga: Kakek 79 Tahun di Belat Karimun yang Hilang, Ditemukan Meninggal

Kemudian, disampaikan juga oleh Gubernur bahwa Rumah Sakit Provinsi Kepri di Batu 8 Tanjungpinang, juga telah mengupgrade fasilitas peralatan. Yaitu, pengobatan jantung yang kini bisa dilakukan pemasangan ring atau cincin dalam pengobatan sakit jantung.

“Untuk pengobatan pemasangan ring jantung, kita telah punya di Rumah Sakit Provinsi di Batu 8. Alhamdulillah hasilnya bagus, sekitar 70 orang pasien yang telah berobat (pasang ring) berjalan dengan baik dan lancar, setelah saya pantau hasilnya bagus,” ucap Ansar.

Ditambahkannya, untuk biaya pengobatan atau pemasangan ring jantung, nanti akan ditanggung dengan BPJS maupun Jamkesda.

“Saya akan kontrol itu dengan serius. Pengobatan nanti kita tanggung ke BPJS, Jamkesda oleh Provinsi Kepri,” ujar Ansar.

Baca juga: Pemkab Karimun dan Kejaksaan Luncurkan Program Jaga Desa, Optimalkan Penggunaan Dana Desa

Kemudian, Pemerintah Provinsi Kepri juga telah membangun sebuah Rumah Sakit Jiwa (RSJ) yang berada di Tanjung Uban. Diman, RSJ Provinsi Kepri tersebut direncanakan akan diresmikan Gubernur Ansar pada Akhir Desember 2023 ini.

“Kita juga bangun Rumah Sakit Jiwa di Tanjung Uban, yang sumber dananya dari Kementerian Kesehatan. Itu telah jadi dan tinggal menunggu diresmikan, Insya Allah akhir tahun ini,” ucap Gubernur.

Keberadaan RJS itu akan menampung pasien yang ada di Kepri, termasuk Karimun. Sehingga, tidak perlu lagi untuk dibawa berobat ke Pekanbaru Riau.

“Ini sangat dibutuhkan, bagi yang depresi. Apalagi sebentar lagi Pemilu legislatif,” canda Gubernur Ansar.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews