Jay Idzes Jadi Bintang Baru Timnas Indonesia Usai Resmi Sandang Status WNI

Jay Idzes Jadi Bintang Baru Timnas Indonesia Usai Resmi Sandang Status WNI

Foto: Jay Idzes (@jayidzes)

Batam, Batamnews - Pesepakbola keturunan Indonesia-Belanda, Jay Idzes, telah resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Upacara pengambilan sumpah di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM, Kamis, 28 Desember 2023, menandai langkah besar Jay menuju mimpinya membela Timnas Indonesia.

Jay, yang saat ini bermain di klub Serie B Italia, Venezia, tinggal selangkah lagi untuk bergabung dengan skuad Garuda. Setelah mengurus administrasi seperti kartu tanda penduduk dan paspor, ia akan mengajukan perpindahan federasi dari Belanda ke Indonesia di FIFA.

Dengan proses ini berjalan lancar, Jay Idzes berpeluang membela Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026. Timnas akan menghadapi Vietnam pada 23 Maret 2024 sebagai lawan terdekat di ajang bergengsi ini.

Jay, yang lahir di Mierlo, Belanda, pada 2 Juni 2000, memiliki jam terbang tinggi di kompetisi Belanda dan Belgia. Sebagai pemain berposisi bek tengah, ia mengalami transformasi posisi dari gelandang bertahan, menunjukkan adaptasi dan fleksibilitasnya.

Karier sepak bolanya dimulai sejak usia tujuh tahun di klub amatir SC Brabant di Mierlo. Bakatnya terlihat oleh pencari bakat dari PSV Eindhoven, di mana ia menghabiskan lima tahun di akademi klub tersebut. 

Jay kemudian berpindah ke Akademi VVV-Venlo dan Helmodsports pada 2014, sebelum akhirnya bergabung dengan FC Eindhoven dan Go Ahead Eagles, di mana ia mencatatkan total 110 penampilan.

Keputusan Venezia untuk mengikat Jay dengan kontrak hingga 2027 menunjukkan potensi dan kepercayaan yang besar padanya. Meski mengalami cedera pada Oktober 2023 yang membuatnya absen, penampilan Jay di Serie B Italia dan Coppa Italia menunjukkan kualitas dan ketangguhannya.

Kehadiran Jay di Timnas Indonesia diharapkan dapat membawa energi baru dan memperkuat barisan pertahanan tim. Para penggemar sepak bola Indonesia menantikan kontribusi Jay Idzes dalam membawa Timnas Indonesia meraih prestasi lebih tinggi di kancah internasional.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews