Refleksi dan Harapan Ketua GAMKI Kepri Rikson Tampubolon di Suasana Natal dan Tahun Politik 2024

Refleksi dan Harapan Ketua GAMKI Kepri Rikson Tampubolon di Suasana Natal dan Tahun Politik 2024

Ketua GAMKI Kepulauan Riau, Rikson Tampubolon. (Foto: istimewa)

Batam, Batamnews - Ketua Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) Kepulauan Riau (Kepri), Rikson Pandapotan Tampubolon, menyerukan lima pesan penting dalam rangka peringatan Natal dan menyikapi momentum tahun politik menjelang Pemilu pada 14 Februari 2024.

Pertama, Natal sebagai Peringatan Kelahiran Yesus Kristus: Natal bukan hanya perayaan sukacita (formalitas), tetapi juga momentum bagi semua untuk bergerak, merenungkan dan menghayati nilai-nilai damai, kasih, dan keadilan yang dibawa oleh kelahiran Yesus Kristus sebagai Kepala Gereja dan Kepala Gerakan.

Kedua, Peran Pemuda dalam Politik: Di tengah momentum politik, pemuda (milenial dan gen Z) memiliki peran krusial. Ia mendorong agar generasi muda tetap kritis dalam menilai calon pemimpin, melihat rekam jejak (track record), dan menolak politik uang (money politic) yang merugikan kepentingan rakyat.

Baca juga: Pengamat Kebijakan Publik Rikson Tampubolon Serukan Pembangunan Beretika untuk Lindungi Ikon Batam

Ketiga, Menolak Politik Identitas dan Ujaran Kebencian: Politik identitas dan ujaran kebencian hanya akan memecah belah bangsa. Ia menegaskan penolakan terhadap politisasi SARA (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) segala bentuk politik identitas dan ujaran kebencian dalam kampanye politik.

Keempat, Menolak Penyebaran Hoaks: Hoaks dan informasi palsu tidak hanya merusak proses demokrasi tetapi juga menciderai kebenaran. Kami mendesak semua pihak untuk tidak menyebarkan hoaks atau informasi yang tidak terverifikasi secara benar.

Kelima, Peran Gereja dalam Ranah Politik: Gereja memiliki peran yang sangat penting dalam membimbing dan mencerahkan umatnya. Untuk itu, ia menekankan bahwa gereja sebaiknya tidak terlibat dalam politik praktis yang dapat menimbulkan perpecahan di antara umat.

GAMKI Kepri mendukung penuh semangat untuk mewujudkan politik yang bersih, bermartabat, dan berlandaskan kebenaran serta keadilan. 

Baca juga: Pengamat Kebijakan Publik Rikson Tampubolon: Analisis Kenaikan Tarif Parkir di Batam Butuhkan Perhatian Serius

"Kami mengajak semua pihak, terutama generasi muda, untuk menjadikan pemilu sebagai momentum positif dalam memilih pemimpin yang mampu memajukan bangsa dengan integritas dan kompetensi," ujar Rikson Tampubolon, yang juga sebagai Ketua Komisi Pemuda Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI) Wilayah Kepri dan Sekretaris Forum Pemuda Lintas Agama Kepri ini.

Ia berharap, semangat Natal yang penuh damai sejahtera akan menginspirasi semua elemen masyarakat untuk bersatu demi kebaikan bersama. 

"Bersama-sama, kita menciptakan masa depan yang lebih baik bagi Indonesia, khususnya Kepri yang kita cintai ini. Cinta Tuhan, cinta Nusa Bangsa, Ora et Labora (Berdoa dan bekerja)," tutup Tampubolon.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews