Prihatin dengan Banyaknya Penemuan Mayat di Karimun, Psikolog Kepri Dr. Irfan Sarankan Penguatan Peran Sosial

Prihatin dengan Banyaknya Penemuan Mayat di Karimun, Psikolog Kepri Dr. Irfan Sarankan Penguatan Peran Sosial

Psikolog Kepri, Dr. H. Irfan Aulia, M.Psi.

Karimun, Batamnews - Relatif banyaknya penemuan mayat akhir-akhir ini di Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau (Kepri), membuat Psikolog Kepri Dr. H. Irfan Aulia, M.Psi prihatin. Dia menyarankan beberapa hal diantaranya menguatkan peran sosial di masyarakat.

"Dari hal ini ada dua solusi, pertama solusi kepada pemerintah untuk menggiatkan sosial awareness dan crisis center. Kita sudah punya perangkat siskamling, ini perangkat yang cukup baik untuk saling menjaga lingkungan," kata dia, kemarin.

Baca juga: Penemuan Mayat di Perumahan Sinar Indah 3 Kagetkan Warga

"Kedua menumbuhkan kesadaran kepada masyarakat untuk jangan merasa sendiri ketika sakit. Saat ini masyarakat punya persepsi bahwa sakit ini mahal. Persepsi ini yang perlu di luruskan dengan menggiatkan penyuluhan kepada masyarakat," sambung Dr. Irfan.

Penyuluhan ini dapat dilakukan melalui perangkat Puskesmas di Karimun dan berkolaborasi dengan masyarakat. Menurut psikolog Irfan Aulia, masyarakat Indonesia jiwa sosial dan kepeduliannya cukup tinggi. 

"Potensi ini cukup diarahkan untuk berkolaborasi dengan perangkat pelayanan publik sehingga hasilnya dapat maksimal," tutup Dr. Irfan.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews