Kebijakan Baru Beli LPG 3 Kg, Sudah 93 Persen Warga Karimun Terregistrasi Jelang 1 Januari 2024

Kebijakan Baru Beli LPG 3 Kg, Sudah 93 Persen Warga Karimun Terregistrasi Jelang 1 Januari 2024

Ilustrasi.

Karimun, Batamnews - Menjelang implementasi kebijakan baru di awal Januari 2024, di mana hanya pengguna terdaftar yang dapat membeli LPG 3 Kg bersubsidi, Kabupaten Karimun di Kepri telah mencatat pendaftaran 93% penggunanya. 

Hal ini diumumkan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang menginstruksikan seluruh konsumen LPG bersubsidi untuk mendaftarkan diri di agen atau pangkalan resmi sebelum tanggal 1 Januari 2024.

Berdasarkan regulasi yang ada, hanya rumah tangga, usaha mikro, nelayan, dan petani tertentu yang berhak menggunakan LPG 3 Kg bersubsidi. 

Baca juga: Kunjungan Kerja Gubernur Kepri Ansar ke Kabupaten Karimun

Vandores Purba, Kepala Bidang (Kabid) ESDM di Dinas Perdagangan, Koperasi, UMKM dan ESDM Karimun menyatakan bahwa proses pendaftaran telah berlangsung beberapa bulan dan menunjukkan hasil yang positif.

"Kami telah berkoordinasi dengan Pertamina dan mencatat bahwa 93% konsumen di Karimun sudah terdaftar, meskipun angka pastinya belum diungkapkan," ujar Vandores pada Rabu, 20 Desember 2023.

Pemerintah Kabupaten Karimun mengimbau masyarakat yang belum mendaftar untuk segera melakukannya di agen atau pangkalan resmi. Pendaftaran ini bertujuan untuk memastikan distribusi subsidi LPG lebih tepat sasaran.

Baca juga: Januari 2024, Pembelian Gas 3 Kg Hanya Berlaku Bagi yang Sudah Terdaftar

Masyarakat juga diingatkan bahwa mereka dapat memeriksa status pendaftaran di pangkalan resmi. "Kami berharap semua pengguna sudah terdaftar sebelum 1 Januari nanti," harap Vandores.

Kebijakan ini diharapkan akan meningkatkan efektivitas penyaluran subsidi dan meminimalisir penyalahgunaan subsidi gas LPG 3 Kg yang seharusnya diperuntukkan bagi masyarakat yang memenuhi kriteria.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews