Pemkab Lingga Distribusikan Alat Bantu untuk Penyandang Disabilitas di Dabo Singkep

Pemkab Lingga Distribusikan Alat Bantu untuk Penyandang Disabilitas di Dabo Singkep

Pada Senin, 11 Desember 2023, Dinsos PPPA Kabupaten Lingga menyalurkan alat bantu kepada penyandang disabilitas di Dabo Singkep. (Foto: istimewa)

Lingga, Batamnews - Pemerintah Kabupaten Lingga, melalui Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (Dinsos PPPA) Kabupaten Lingga, kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung penyandang disabilitas. 

Pada Senin, 11 Desember 2023, Dinsos PPPA Kabupaten Lingga menyalurkan alat bantu kepada penyandang disabilitas di Dabo Singkep.

Bupati Lingga, M. Nizar, turut hadir dalam kegiatan penyerahan alat bantu ini, menegaskan dukungan pemerintah daerah dalam meningkatkan kualitas hidup penyandang disabilitas. Kehadiran Bupati menjadi simbol nyata dari perhatian pemerintah terhadap warga yang memiliki kebutuhan khusus.

Baca juga: Dinas PUTR Lingga Gelar Sayembara Desain Tugu Timah Dabo Singkep, Berhadiah Total Rp15 Juta

Menurut Hazni Hamka, Kabid Rehabilitasi, Perlindungan, Jaminan dan Bencana Sosial Dinsos PPPA Lingga, bantuan ini berasal dari Anggaran Insentif Fiskal tahun 2023. 

“Dalam program ini sebanyak 80 unit alat bantu di serahkan ke Penyandang Disabilitas yang ada di Kabupaten Lingga,” jelas Hazni.

Adapun alat bantu yang diserahkan yaitu kursi roda standar, alat bantu dengar, tongkat ketiak, tongkat walker dan tongkat tunanetra.

Hazni menerangkan bahwa bantuan yang diserahkan sesuai Petunjuk Teknis (juknis) yaitu mereka yang masuk dalam daftar Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE) sesuai SK Bupati Tahun 2022 atau mereka yang masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Baca juga: Pemkab Lingga Raih Penghargaan AKIP 2023 dengan Predikat B

“Data yang didapat melalui proses assesment yang dilakukan Dinas Sosial ke lapangan maupun melalui Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK). Selain itu masih ada beberapa kecamatan yang akan kita bagikan sesuai dengan data dan keluarga penerima manfaat alat bantu disabilitas tersebut,” jelasnya. 

Bupati Lingga berharap bantuan ini tidak hanya sebagai alat praktis, tetapi juga sebagai simbol kebersamaan dan perhatian dari seluruh masyarakat Lingga.

Hadir pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas Sosial Lingga dan jajarannya, Lurah/Kades se-Kecamatan Singkep, para penyandang disabilitas, tokoh agama dan masyarakat di Kecamatan Singkep.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews