Pemkab Lingga Raih Penghargaan AKIP 2023 dengan Predikat B

Pemkab Lingga Raih Penghargaan AKIP 2023 dengan Predikat B

Bupati Lingga dalam menerima penghargaan didampingi oleh tim dari Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan (Barenlitbang) Kabupaten Lingga. Kemudian juga Kepala Barenlitbang Kabupaten Lingga, tim Barenlitbang, serta Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Sekretariat Daerah Kabupaten Lingga. (Foto: istimewa)

Lingga, Batamnews - Prestasi membanggakan ditorehkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Lingga pada Rabu, 6 Desember 2023. Bupati Lingga M. Nizar, S.Sos, menerima penghargaan atas peningkatan nilai dalam Evaluasi Implementasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP) Tahun 2023. 

Acara penghargaan diselenggarakan di Bali Nusa Dua Convention Center.

Evaluasi AKIP yang diadakan setiap tahun oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) dari September hingga November 2023, bertujuan untuk mengetahui tingkat implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) yang bertujuan pada pencapaian kinerja yang tepat sasaran dan berorientasi hasil.

Baca juga: Bupati dan Sekda Lingga Resmikan Gedung Baru SDN 012 Senayang di Tanjung Kelit

Hasil evaluasi menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada nilai AKIP Kabupaten Lingga tahun 2023 yang mencapai total 60,69. 

Pembagian nilai untuk tiap komponen adalah: perencanaan kinerja 20,30; pengukuran kinerja 15,99; pelaporan kinerja 10,08; dan Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Internal 14,32. Capaian ini mengantarkan Kabupaten Lingga pada predikat "B", sebuah peningkatan dari predikat "CC" yang dipertahankan selama lima tahun (2018-2022).

Penghargaan ini diberikan oleh Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas, S.Pd., S.S., M.Si. Penyerahan penghargaan menjadi bagian dari acara "Apresiasi dan Penyerahan Hasil Evaluasi SAKIP, RB, dan ZI Tahun 2023" dalam RBxperience Tahun 2023. Acara ini juga dihadiri oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Prof. Dr. (H.C.) K.H. Ma'ruf Amin.

Baca juga: Pemkab Lingga Alokasikan Anggaran APBD 2024 untuk Peningkatan Jalan di Desa Linau

Bupati Lingga dalam menerima penghargaan didampingi oleh tim dari Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan (Barenlitbang) Kabupaten Lingga. Hadir juga Kepala Barenlitbang Kabupaten Lingga, tim Barenlitbang, serta Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Sekretariat Daerah Kabupaten Lingga.

Pencapaian ini merupakan simbol komitmen dan upaya berkelanjutan dari Pemerintah Kabupaten Lingga dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik dan akuntabilitas kinerja pemerintah daerah.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews