TikTok Shop Resmi Kembali Beroperasi di Indonesia

TikTok Shop Resmi Kembali Beroperasi di Indonesia

Ilustrasi shop

Jakarta, Batamnews - Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi, memberikan tanggapannya terkait kerjasama antara TikTok Shop dan Tokopedia yang telah diumumkan secara resmi. 

Dalam pernyataannya di Kompleks Istana Kepresidenan pada Senin, 11 Desember 2023, Budi Arie mengatakan bahwa meskipun berada dalam ranah bisnis ke bisnis (B to B), yang penting adalah adanya komitmen dari kedua platform tersebut untuk mendukung dan membela Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia.

"Udah itu B to B, biar aja lah, selama B to B, yang penting itu ada komitmen untuk mendukung dan membela UMKM di Indonesia," ujar Budi Arie.

Baca juga: Pemerintah Imbau WNI Hindari Liburan ke Singapura saat Natal 2023 dan Tahun Baru 2024

Menteri Komunikasi dan Informatika menegaskan bahwa, menurutnya, transaksi antara TikTok Shop dan Tokopedia tidak menyalahi aturan, namun perlu adanya koordinasi dengan Kementerian Perdagangan.

"Boleh nggak ada masalah," tambahnya.

Di sisi lain, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan enggan memberikan komentar mengenai pembelian kepemilikan PT Tokopedia oleh TikTok. "Besok ada acara Tokopedia datang aja besok," kata Zulkifli kepada wartawan.

Sebelumnya, GoTo dan TikTok secara resmi mengumumkan kerjasama di Indonesia untuk membangun sektor e-commerce. 

TikTok berkomitmen untuk melakukan investasi jangka panjang senilai lebih dari US$ 1,5 miliar atau Rp 23,38 triliun di PT Tokopedia. Transaksi ini diharapkan akan selesai pada kuartal pertama 2024.

Baca juga: Catat! Polisi akan Gelar Operasi Lilin 2024 Mulai Pertengahan Bulan Desember 2023

Sebagai bagian dari kemitraan strategis tersebut, bisnis Tokopedia dan TikTok Shop Indonesia akan digabungkan di bawah PT Tokopedia, dengan TikTok mengendalikan perusahaan tersebut. Fitur layanan belanja dalam aplikasi TikTok di Indonesia akan dioperasikan dan dikelola oleh PT Tokopedia.

Kemitraan strategis ini akan dimulai dengan periode uji coba yang dilakukan dengan konsultasi dan pengawasan dari kementerian serta lembaga terkait. 

Program yang akan diluncurkan selama masa uji coba adalah kampanye Beli Lokal, yang akan dimulai pada 12 Desember 2023, bertepatan dengan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas). Harbolnas adalah inisiatif pemerintah Indonesia yang ditujukan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi digital melalui pemberdayaan UMKM lokal.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews