Gubernur Kepri Ansar Ahmad Boyong Bupati Bintan dan Karimun Kunker ke Jepang

Gubernur Kepri Ansar Ahmad Boyong Bupati Bintan dan Karimun Kunker ke Jepang

Gubernur Kepulauan Riau (Kepri), Ansar Ahmad, melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Jepang pada Senin, 4 Desember 2023, sebagai bagian dari upaya mewujudkan visi pemerintahan yang lebih kompetitif dan berdaya saing di tingkat regional dan internasional. (Foto: istimewa)

Karimun, Batamnews - Gubernur Kepulauan Riau (Kepri), Ansar Ahmad, melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Jepang pada Senin, 4 Desember 2023, sebagai bagian dari upaya mewujudkan visi pemerintahan yang lebih kompetitif dan berdaya saing di tingkat regional dan internasional.

Kunjungan kerja Gubernur Ansar Ahmad ini bersama Deputi Bidang Koordinasi Pengembangan Wilayah dan Tata Ruang Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Kemenko Perekonomian), Wahyu Utomo.

Kunker tersebut juga didampingi oleh Bupati Karimun Aunur Rafiq, Bupati Bintan Roby Kurniawan, Deputi I Badan Pengusahaan (BP) Batam, serta Kepala Badan Pengusahaan Bintan, Karimun, dan Tanjungpinang.

Selama kunjungan kerja dalam waktu sepekan tersebut, rombongan didampingi oleh Konsulat Jenderal (Konjen) RI Osaka. 

Baca juga: Propam Polda Kepri Lakukan Pengawasan ke Anggota Polres Karimun

Kunker ini merupakan upaya mewujudkan salah satu visi Gubernur Ansar, yakni berdaya saing, yang mewakili terwujudnya masyarakat yang sehat, birokrasi pemerintahan dan dunia usaha yang lebih mampu bersaing dan unggul di tingkat regional dan internasional.

Gubernur Ansar melakukan benchmarking pengembangan pelabuhan, kawasan industri dan pengembangan pariwisata serta budaya, serta pengembangan daerah pesisir.

“Ini sangat penting guna menjajaki peluang kerjasama pengembangan dan investasi di Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam, Bintan, Karimun dan Tanjungpinang” ucapnya. 

Adapun beberapa rangkaian kegiatan yang dilaksanakan selama kunjungan antara lain yaitu melakukan pertemuan dengan Konjen RI Osaka.

Baca juga: Mengenal Tradisi Syariful Anam di Karimun, Warisan Budaya yang Mengharap Berkah

Kemudian rombongan melakukan pertemuan dan kunjungan ke Kawasan Industri Pesisir Sakai Senboku dan Pelabuhan Senboku untuk melihat pengembangan industri yang berkelanjutan dan energi terbarukan sekaligus berdiskusi dengan pengelola kawasan terintegrasi tersebut.

Yang tak kalah pentingnya, Gubernur Ansar memimpin rombongan melakukan kunjungan ke Desa Nelayan Ine di Kyoto untuk membahas tentang strategi pengembangan kampung nelayan di daerah pesisir.

Gubernur Ansar juga menyampaikan bahwa kunker ini merupakan kesempatan untuk mempromosikan potensi Kepri sebagai destinasi wisata dan investasi yang menarik bagi Jepang.

"Kita ingin menunjukkan bahwa Kepri memiliki banyak keunggulan, baik dari segi sumber daya alam, sumber daya manusia, maupun infrastruktur. Kita juga ingin belajar dari Jepang tentang bagaimana mereka mengelola kawasan industri dan pelabuhan yang ramah lingkungan dan efisien" ujarnya.

Baca juga: Tanker MT. Liberty Muatan Minyak Mentah Kandas di Perairan Pulau Asam Karimun, KSOP Siaga

Gubernur Ansar berharap kunker ini dapat membawa hasil yang positif bagi pembangunan dan kemajuan Kepri di masa depan.

"Kita berharap dapat mewujudkan kerjasama yang saling menguntungkan dengan Jepang, baik di bidang ekonomi, sosial, budaya, maupun pendidikan. Kita juga berharap dapat meningkatkan hubungan persahabatan dan kepercayaan antara Kepri dan Jepang" ujar Ansar.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews